Tips Terbaik Dalam Merawat Knalpot

Diposting pada
Merawat Knalpot ~ Dalam melakukan perawatan terhadap kendaraan, sebaiknya dilakukan secara total supaya keseluruhan komponen kendaraan tersebut awet dalam waktu yang lama. Seringkali knalpot ini diabaikan, padahal proses perawatannya tak membutuhkan waktu yang lama.
Knalpot saat ini telah diproduksi dengan beragam variant, dan dengan berbagai bentuk serta paduan warna, sehingga selain berfungsi sebagai komponen pembuangan, knalpot juga dapat meningkatkan prestise pemilik/penggunanya.
Namun, jika knalpot tersebut tidak dirawat dengan baik  mungkin, pastinya akan mudah karatan dan bahkan bocor.
Ada banyak kerugian yang akan timbul jika knalpot tidak dirawat dengan benar. Selain Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memperbaiki, knalpot juga akan mengalami penurunan fungsi seperti mengurangi nilai keindahan kendaraan Anda dan mempengaruhi suara mesin.
Selain itu, kerusakan pada knalpot akan mengurangi tenaga kendaraan, boros terhadap bbm, polusi udara, kendaraan mati ketika stasioner hingga sering terjadinya letupan kecil pada knalpot.
Dengan berbagai dampak buruk yang timbul tersebut, perlu kiranya untuk meluangkan waktu beberapa saat untuk membersihkan knalpot dengan tips-tips berikut.
Merawat Knalpot

Tips Terbaik Merawat Knalpot

Jika Anda masih bertahan dengan knalpot standar dari kendaraan Anda, silahkan Anda mengikuti tips berikut ini:
  • Panaskan mesin secukupnya saja dan jangan terlalu lama. Knalpot orisinil biasanya cenderung kering dan panas yang dihasilkannya lebih cepat menimbulkan warna kekuningan dan karat karena kotoran akan lebih cepat menempel.
  • Beri oli pada lubang silencer untuk membersihkan silencer dan mencegah terjadinya pengeroposan dan kebocoran pada bagian knalpot yang berdekatan dengan silencer. Anda cukup memberi oli pada silencer ini dalam waktu dua bulan sekali.
  • Jika bahan dari silencer knalpot Anda adalah chrome, hendaknya Anda mengelapnya dengan menggunakan kain yang halus dan lembut supaya tidak berpotensi memunculkan goresan yang dapat mengurangi nilai keindahan penampilan kendaraan Anda.
  • Jika saja kebetulan knalpot Anda sudah berkarat, Anda hendaknya membersihkan karat tersebut dengan menggunakan sikat dan detergen.
  • Selanjutnya adalah leher knalpot diolesi dengan oli yang masih bersih, lalu hidupkan mesin sebentar hanya sekitar 1-2 menit. Tujuannya adalah supaya oli tersebut dapat menyerap dan mengelupas karena panas sehingga leher knalpot bisa menjadi lebih bersih.
  • Jika Anda baru saja mencuci kendaraan Anda atau kebetulan kendaraan Anda baru saja kehujanan, hendaknya Anda segera melakukan pengeringan dengan hati-hati pada bagian knalpot, dan jika Anda merasa perlu Anda bisa menyemprotnya dengan cairan anti karat.
  • Dan jika karat serta noda yang ada pada knalpot Anda membandel dan susah hilang, Anda bisa menggunakan cairan portex. Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena misalkan saja cairan tersebut mengenai blok mesin, maka warna blok mesin malah akan luntur.
  • Periksalah lubang pembuangan air yang ada di bawah silencer, jika tersumbat, tusuklah lubang pembuangan air tersebut dengan menggunakan paku kecil atau lidi.
  • Jangan lupa untuk memeriksa paking knalpot. Perhatikan apakah ada kebocoran pada paking knalpot dan periksa juga kekencangan dari baut yang menyangga knalpot. Anda tidak diperkenankan mengabaikan dua hal ini karena jika ada masalah maka proses pembuangan gas tidak akan sempurna

Perlakuan Khusus Bagi Pengguna Knalpot Racing

Nah, bagi Anda yang lebih menyukai dan memasang knalpot racing, entah itu knalpot racing yang berbahan pelat ataupun model chrome, knalpot Anda membutuhkan perawatan khusus karena yang namanya knalpot produk dari aftermarket itu akan lekas menguning dan berkarat jika dibandingkan dengan knalpot yang orisinil.
Ada baiknya Anda mengolesi knalpot ini dengan menggunakan oli bekas terlebih dahulu di bagian leher knalpot, sebelum Anda memasang knalpot racing ini pada kendaraan Anda. Dalam mengoleskan olibekas ini disarankan Anda menggunakan kain yang halus dan lembut.
Baru setelah itu silahkan Anda memasang knalpot racing Anda ini, lalu coba panaskan mesin selama kurang lebih 2 menit supaya oli lekas menguap.
Dalam perawatan knalpot ini intinya adalah Anda hendaknya menjaga kebersihan kendaraan Anda, baik itu knalpot ataupun bagian yang lainnya.
Dan itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam merawat knalpot kendaraan Anda, semoga dapat membantu Anda dalam hal perawatan knalpot kendaraan Anda, sehingga milik Anda bisa lebih tahan lama.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *