Penyebab dan Cara Mengatasi Kebocoran pada Knalpot

Diposting pada
Dari segitu banyaknya fungsi dari knalpot, salah satunya adalah membantu mengurangi kebisingan dengan meredam bunyi yang dihasilkan oleh ledakan yang terjadi di ruang bakar. Untuk itu harus di pastikan knalpot yang digunakan tidak mengalami kebocoran.
Kenapa knalpot bisa bocor? Bagi pembaca yang belum mengetahui hal ini, berikut kami share seputar informasi tentang knalpot, yaitu tentang penyebab kebocoran dan solusi mengatasinya. Silahkan disimak.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kebocoran pada Knalpot

Penyebab dan Cara Mengatasi Kebocoran pada Knalpot

A. Penyebab Knalpot Bocor

Berikut ini akan dipaparkan mengenai penyebab bocornya knalpot, antara lain:

1. Kondensasi

Daerah yang memiliki kandungan garam tinggi, misalnya pantai dapat menjadi pemicu terjadinya kondensasi.
Kondensasi adalah suatu kondisi dimana di luar knalpot dan bagian dalam knalpot memiliki suhu atau temperatur yang berbeda sehingga dapat menyebabkan adanya karat pada knalpot.

2. Endapan Air dalam Pipa

Jika kebetulan Anda adalah tipe orang yang suka idling atau berkendara dengen kecepatan yang rendah, sebaiknya Anda tidak melakukannya terlalu sering.
Karena jika Anda sering melakukannya apalagi dalam waktu yang cukup lama, maka air akan mengendap di knalpot dan bisa menimbulkan karat.

3. Karat

Munculnya karat pada knalpot ini bisa disebabkan oleh dua hal tersebut diatas, yakni kondensasi dan adanya endapan air di dalam pipa knalpot. Selain itu juga bisa disebabkan oleh adanya kotoran yang tercampur dengan air.
Misalnya saja ketika Anda berkendara, secara tidak sengaja Anda melewati sebuah kubangan air yang kotor dan air tersebut mengenai knalpot kendaraan Anda.
Nah air inilah yang dapat menyebabkan timbulnya karat. Karena ada beberapa bakteri yang terkandung dalam air kotor tersebut, yang memanfaatkan suatu proses kimiawi dari kotoran yang menempel pada knalpot dan menyebabkan terjadinya proses korosi atau karat.
Dalam upaya untuk menghindari terjadinya kebocoran pada knalpot adalah dengan menjaga kebersihan knalpot itu sendiri, termasuk langsung mencuci kendaraan setelah selesai digunakan apalagi setelah melintasi kubangan air yang kotor atau daerah yang memiliki kandungan garam yang tinggi.
Hal lain yang bisa dilakukan adalah hendaknya jangan terlalu sering menjalankan kendaraan dengan kecepatan yang rendah dalam waktu yang lama supaya tidak terjadi pengendapan air dalam pipa knalpot.

B. Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Jika kemudian diketahui bahwa knalpot Anda ternyata mengalami kebocoran, jalan keluar yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengelasan terhadap bagian knalpot yang bocor tersebut.
Akan tetapi ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebocoran pada knalpot Anda, sebelum melakukan langkah pengelasan, sebagai solusi terakhirnya.

1. Plastik Steel

Untuk menggunakan plastik steel ini, Anda bisa langsung menggunakannya pada bagian knalpot yang bocor.
Jika Anda risau mengenai bekas tambalan, bisa dicatat bahwa bekas tambalan ini mudah untuk Anda hilangkan.

2. Aluminium Foil

Aluminium foil ini bisa Anda andalkan untuk mengganjal paking knalpot karena sifatnya yang tahan terhadap panas.
Paking knalpot adalah  material kecil yang berbentuk lingkaran dan memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya kebocoran.
Cara menggunakan aluminium foil untuk paking knalpot ini adalah dengan melipat kertas aluminium foil sampai membentuk seperti tali, lalu bulatkan hingga membentuk lingkaran dan pasang dengan posisi berada diantara paking dan pipa knalpot.

3. Seal Tape Aluminium

Biasanya seal tape aluminium ini digunakan untuk mengatasi kebocoran pada wajan, atap, panci dan lain sebagainya, namun juga ampuh untuk mengatasi kebocoran pada knalpot.
Bahan yang juga bisa disebut dengan plester penambal aluminium ini langsung bisa Anda gunakan setelah melepas penutup perekat yang terletak di bagian belakang lembaran aluminium. Setelah itu, Anda tempelkan pada bagian knalpot yang bocor.
Akan lebih bagus lagi jika yang Anda gunakan adalah Aluminium Muffler Tape, karena yang jenis ini memang dibuat secara khusus untuk menambal knalpot.

4. Lem Besi

Bahan yang satu ini akan mudah Anda jumpai di toko bahan bangunan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan antara lem putih dan lem hitam terlebih dahulu, lalu tempelkan campuran lem tersebut pada bagian knalpot yang bocor. Tunggu sampai lem mengering.
Namun perlu diingat, sebelum Anda menggunakan lem besi untuk mengatasi kebocoran knalpot, pastikan bahwa permukaan knalpot yang hendak dilem telah benar-benar kering. Dan agar hasilnya bisa maksimal, Anda bisa menggunakan tangan untuk meratakan lem.
Semoga bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *