Jenis-Jenis Oli Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Diposting pada
Jenis-Jenis Oli ~ Oli yang biasanya hanya dikenal sebagai pelumas mesin, juga memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan di setiap celah komponen mesin, sehingga mesin tidak menjadi aus dan dapat bekerja secara optimal.
Disamping itu, oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin karena oli membantu mendistribusikan panas ke bagian yang lebih dingin.
Ada banyak oli dengan berbagai merk di pasaran saat ini. Anda hanya tinggal memilih oli yang tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dari kendaraan Anda.
Dan sebagai langkah awal untuk memilih oli, hendaknya Anda mengenal terlebih dahulu mengenai bahan dasar dari pembuatan suatu oli tersebut.

Berikut Kami Sampaikan Berbagai Jenis Oli Yang Banyak Beredar Di Pasaran, yang di bedakan berdasarkan bahan dasar penyusunnya.

Jenis-Jenis Oli Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Jenis-Jenis Oli Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Jenis-Jenis Oli Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

1. Oli Mineral

Oli mineral atau base oil ini adalah oli yang didapatkan secara langsung melalui proses yang sederhana dari penyulingan minyak mentah dengan kualitas yang standar. Dan diolah serta ditambahkan dengan beberapa zat aditif dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mesin serta menambah fungsi tertentu dari oli.
Untuk mesin yang telah lama menggunakan oli mineral, tidak disarankan untuk menggantinya dengan oli sintetik. Kenapa demikian? Karena oli mineral yang telah lama digunakan tersebut akan meninggalkan sisa. Sedangkan oli sintetik memiliki sifat mengikis sisa tersebut.
Jika sisa tersebut telah terkikis, maka mudah untuk mengangkat sisa dari tempatnya dan mudah pula untuk mengalirkannya ke celah-celah mesin dan berdampak pada terganggunya kinerja mesin.
Dan oli mineral ini cocok jika digunakan untuk motor yang diproduksi pada tahun-tahun yang telah lama karena celah antar komponen mesin dan lainnya masih renggang dan juga berfungsi untuk menjaga mesin supaya lebih tahan lama dan kinerja mesin lebih stabil.
Selain itu, oli mineral ini memiliki kelebihan lain, yaitu sebagai berikut:
  • Harganya lebih murah jika dibandingkan dengan oli sintetik
  • Mesin bagian piston dan juga blok piston yang masih dalam keadaan baru disarankan untuk menggunakan oli mineral ini, karena oli mineral memiliki struktur molekul yang tidak rata sehingga dapat membuat suku cadang dan komponen lainnya saling mengikis dan komponen mesin baru bisa beradaptasi dengan baik

Tak hanya kelebihan yang dimiliki oleh oli mineral, tetapi juga kekurangan. Adapun kekurangannya antara lain:

  • Meninggalkan kerak
  • Struktur molekulnya tidak seimbang

2. Oli Sintetik

Oli sintetik merupakan campuran antara oli mineral dengan Polyalphaolifins yang dihasilkan dari pemisahan oli mineral. Itulah kenapa oli sintetik ini bisa dicampur dengan oli mineral, ataupun sebaliknya.
Bahan karbon reaktif yang merupakan senyawa yang buruk untuk oli cenderung tidak ditemukan pada oli sintetik ini, karena bergabung dengan oksigen yang kemudian menghasilkan zat asam.
Pun begitu, oli sintetik ini memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan oli mineral sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal, dan cocok jika digunakan sebagai oli motor yang memiliki kapasitas performa mesin yang tinggi serta multi silinder dan kompresinya juga tinggi.
Disamping itu, oli sintetik ini memiliki beberapa kelebihan lain, yaitu sebagai berikut:
  • Mencegah agar tidak terjadi endapan karbon pada mesin
  • Tahan terhadap proses oksidasi
  • Mengurangi gesekan sehingga membantu mesin supaya lebih dingin
  • Membantu membersihkan mesin dengan mengangkat kerak sisa oli mineral
  • Cenderung stabil pada temperatur yang tinggi sehingga kadar penguapannya rendah

Sedangkan kekurangan dari oli sintetik ini terletak pada harganya yang lebih mahal. Ini adalah sesuatu yang wajar mengingat kualitas yang dibawanya juga bagus.

3. Oli Semi Sintetik

Bahan dasar dari jenis oli semi sintetis ini adalah campuran antara oli mineral dengan oli sintetik dengan takaran tertentu sehingga mampu meningkatkan kinerja oli mineral.
Meskipun hasil dari campuran oli mineral dan oli sintetik, oli semi sintetik juga memiliki kelebihan, antara lain:
  • Harganya lebih murah dibandingkan dengan oli sintetik
  • Kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan oli mineral
  • Bisa digunakan untuk mesin motor modern

Sedangkan kekurangannya adalah oli ini tidak dianjurkan jika digunakan untuk motor yang diproduksi di baah tahun 2000 dan kemampuannya tidak seperti oli sintetis dengan masa pakai yang masih di bawah oli sintetik.

Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *