Fungsi knalpot dan bagian-bagian penyusunnya

Diposting pada
Fungsi knalpot dan bagian-bagian penyusunnya ~ Salah satu bagian yang penting dari sebuah kendaraan dan mudah untuk dikenali adalah knalpot. Yang mana, biasanya komponen ini terletak di bagian bawah dan luar dari sebuah kendaraan.
Knalpot ini bukan sebuah komponen penghias yang tanpa fungsi, justru sebaliknya knalpot memiliki beberapa fungsi yang juga sangat berpengaruh terhadap tenaga mesin.
Selain itu, meskipun knalpot tampak seperti tabung biasa, namun sebenarnya knalpot tersusun atas beberapa bagian.
Fungsi knalpot dan bagian-bagian penyusunnya
Fungsi knalpot dan bagian-bagian penyusunnya
Nah berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi dari knalpot serta bagian-bagian dari knalpot.

Fungsi knalpot dan bagian-bagian penyusunnya

A. Fungsi dari Knalpot

Meski terlihat remeh, knalpot ini ternyata memiliki berbagai fungsi yang penting sebagai sebuah kesatuan dari sebuah kendaraan. Adapun fungsi dari knalpot adalah sebagai berikut:

1. Mempercantik Kendaraan

Ini merupakan salah satu fungsi yang bisa dianggap penting dari kehadiran sebuah knalpot, yaitu untuk memperindah tampilan kendaraan.

Bahkan ada beberapa kendaraan dengan knalpot yang memang didesain dan dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga memberikan kesan gagah dan unik.

2. Peredam Suara

Tanpa adanya knalpot, mungkin Anda akan merasakan risih yang berlebihan karena suara keras yang dihasilkan oleh kendaraan.

Nah inilah salah satu fungsi dari knalpot yaitu untuk meredam suara yang dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar.

Ketika terjadi pembakaran di dalam ruang bakar, otomatis akan ada ledakan besar dengan suara yang keras dan memekakkan telinga.

Sehingga dengan adanya knalpot pada kendaraan, dapat membantu mengurangi suara yang keras tersebut sehingga menjadi lebih halus dan nyaman di telinga.

3. Meningkatkan Tenaga Kendaraan

Fungsi yang satu ini sifatnya bisa ada bisa tidak, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain adalah desain dari knalpot itu sendiri, bahan-bahan yang digunakan dan perhitungan yang matang dari sebuah knalpot yang dikorelasikan dengan spesifikasi mesin kendaraan.

Dan jika Anda menginginkan fungsi yang satu ini ada pada knalpot kendaraan Anda, silahkan untuk melakukan perhitungan yang tepat sehingga tenaga dari kendaraan Anda dapat meningkat.

4. Mengurangi Polusi

Emisi gas buang kendaraan berkaitan erat dengan polusi udara. Nah ini juga merupakan salah satu fungsi dari knalpot yang tak kalah penting dari fungsi lainnya, yakni membantu mengurangi polusi udara.

Hal ini dikarenakan adanya CC atau Catalityc Converter yang berguna untuk membantu merubah karbon monoksida menjadi uap air dan karbondioksida yang merupakan hasil dari pembakaran, sehingga gas yang dikeluarkan oleh kendaraan menjadi lebih bersih dan dapat membantu mengurangi pencemaran udara.

B. Bagian-Bagian Penyusun Knalpot

Dilihat dari sudut manapun, sebuah knalpot akan tampak seperti sebuah tabung. Namun, sebuah knalpot itu sebenarnya tersiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagian-bagian dari knalpot beserta fungsinya, yaitu:

1. Header

Header merupakan bagian ujung knalpot. Bagian ini dipasangkan pada silinder mesin dengan jumlahnya yang tergantung pada banyaknya jumlah silinder yang dimiliki atau dibutuhkan oleh sebuah mesin.

Header memiliki fungsi sebagai penghubung antara keseluruhan bagian knalpot dengan dengan sistem ex atau sistem buang suatu kendaraan.

2. Resonator

Bagian yang juga sering disebut sebagai saringan knalpot ini memiliki fungsi sebagai pengolah bunyi yang dihasilkan dari proses pembakaran sehingga tidak terlalu memekakkan telinga, dan tidak menimbulkan polusi suara.

3. Silencer

Ini merupakan bagian yang memiliki fungsi yang mirip dengan resonator yaitu untuk membantu mengurangi suara bising, dan biasanya diletakkan di bagian ujung knalpot.

Pada kendaraan roda dua, silencer ini biasanya menjadi satu dengan resonator, berbeda dengan kendaraan roda empat dimana silencer berada terpisah dengan resonator yang biasanya diletakkan di bagian kolong mobil.

4. Chamber

Kalau bagian yang satu ini hanya ada pada kendaraan dengan mesin 2 tak. Adalah chamber yang merupakan bagian dari knalpot yang berfungsi untuk melakukan proses perputaran antara gas yang masuk dan gas yang dibuang yang terjadi ketika pembakaran tengah berlangsung.

Selain itu, chamber ini juga berperan dalam meningkatkan kendaraan dengan mesin 2 tak.

Nah, itulah uraian mengenai fungsi dari knalpot serta bagian-bagian dari knalpot. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda dan semoga bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *