Spesifikasi dan Harga Terbaru Honda W-RV

Diposting pada
Spesifikasi dan Harga Terbaru Honda W-RV ~ Honda terus berinovasi untuk melanjutkan dominasinya di dunia otomotif internasional. Setelah sukses meluncurkan produk-produk berkelas seperti CR-V, Mobilio, Jazz, Brio, dan BR-V, kini Honda menghadirkan produk terbaru yang diberi nama WR-V.

Mobil dengan jenis SUV ini sudah beredar di Brasil dan beberapa negara di kawasan Amerika Utara.

Menurut Chief Executive and Representative Director Honda, Takahiro Hachigo, Brasil dipilih sebagai negara pertama yang merasakan kehadiran WR-V karena mereka memiliki pangsa pasar yang besar, yaitu sekitar 24 juta pelanggan.

WR-V ini hadir di Brasil sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitas pelanggan. Honda ingin terus memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya.

Nama WR-V merupakan singkatan dari Winsome Runabout Vehicle. Dengan mengusung tema sporty, mobil ini siap untuk berpacu di berbagai medan jalan.

Kabarnya, WR-V adalah produk yang sengaja dibuat Honda untuk menyaingi mobil bernama CHR milik Toyota yang akan meluncur pada 2017. Untuk mengetahui spesifikasi yang lebih lengkap, mari kita simak ulasan di bawah ini.
Spesifikasi dan Harga Terbaru Honda W-RV
Honda W-RV

Spesifikasi dan Harga Terbaru Honda W-RV

Eksterior

Kalau dilihat dari beberapa produk terbarunya, Honda sepertinya tidak meluncurkan produk yang benar-benar baru. Mereka hanya memberikan sedikit inovasi dari produk yang telah ada.

Sebagai contoh, Honda BR-V terlihat mirip dengan Mobilio. Bedanya, BR-V tampil lebih sporty. Begitu juga dengan WR-V, mobil ini mirip dengan Jazz. Namun, WR-V lebih menonjolkan sisi sporty.

Dari sisi eksterior, WR-V memakai platform yang dimiliki Jazz. Hanya ada beberapa perubahan kecil, misalnya pada bagian lampu, fender, dan bar. yang paling membedakan antara Jazz dengan WR-V ada pada bagian suspensinya.

Suspensi WR-V lebih tinggi, sehingga banyak yang menyebut bahwa WR-V adalah Jazz dalam bentuk yang lebih tinggi dan sporty.

Konsep sporty dari WR-V juga bisa dilihat jelas dengan kehadiran fender yang mengelilingi body mobil bagian bawah. Citra sporty WR-V semakin lengkap dengan headlamp yang sempit, seakan menunjukkan sorot mata yang tajam.

Dengan desain seperti itu, WR-V terlihat lebih kokoh dan tangguh di segala medan seperti jalanan berbatu, berpasir, maupun berair.

WR-V juga memiliki atap yang dilengkapi dengan sunroof. Kelebihan ini membuat penumpang dalam mobil ini bisa menikmati pemandangan di luar kendaraan dengan sangat mudah, tanpa harus membuat kaca di jendela yang berada di kanan-kiri.

Sunroof ini juga berfungsi memperlancar sirkulasi udara yang datang dari dalam maupun dari luar mobil.

Interior

Bergeser ke dalam, kita bisa melihat kabin yang cukup luas. Honda WR-V bisa menampung penumpang maksimal 5 – 6 orang tanpa berdesak-desakan. Dari sisi desain jok, mobil ini terlihat lebih sederhana karena jok yang digunakan terbilang standar.

Mungkin pemilihan jok ini disesuaikan dengan harga WR-V yang cenderung lebih miring dibanding mobil SUV merek lain.

Mengenai fitur hiburan, kabarnya Honda membekali WR-V dengan fitur hiburan yang cukup komplet. Segala bentuk hiburan multimedia baik dalam bentuk audio maupun video dikendalikan melalui panel layar sentuh di bagian tengah dashboard.

Untuk memudahkan pengemudi, fitur hiburan itu juga bisa dikendalikan melalui panel-panel yang tersedia di stang kemudi.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, kemungkinan jok belakang mobil ini bisa dilipat untuk mendapatkan ruangan yang lebih luas untuk menaruh barang. Sampai saat ini belum ada rilis resmi dari Honda mengenai mobil ini.

Yang jelas, mobil ini memiliki dimensi panjang keseluruhan sekitar 3,965 meter dan lebar 1,094 meter, sama seperti Honda Jazz, desain dashboardnya juga tidak jauh berbeda.

Sebagai mobil modern, Honda WR-V dilengkapi dengan sejumlah komponen elektronik untuk memanjakan para penggunananya. Misalnya, fitur keyless entry yaitu, teknologi yang memungkinkan pengemudi masuk ke dalam mobil tanpa menggunakan kunci.

Mobil ini juga sudah memakai teknologi push button start/stop, jadi mobil bisa dinyalakan maupaun dimatikan hanya dengan sekali sentuh.

Mesin

Sampai saat ini, Honda juga belum memberikan penjelasan secara gamblang mengenai mesin apa yang digunakan oleh WR-V. Namun menurut kabar yang beredar, mobil ini akan menggunakan mesin berteknologi i-VTEC yang diadaptasi dari Honda Brio.

Mobil ini memiliki tenaga 90 Tk untuk yang berbahan bakar bensin, dan bertenaga 100 Tk dengan mesin Diesel i-DTEC.

Dengan kapasitas silinder 1,5 liter, mesin WR-V bisa menghasilkan tenaga maksimal mencapai 115 Hp dan torsi maksimal sampai 148 Nm. Mesin dengan bahan bakar bensin memiliki dua jenis, yaitu transisi matic (CVT) dan transmisi manual lima percepatan.

Sementara itu, mesin diesel pada mobil ini dilengkapi transmisi manual dengan enam percepatan.

Kalau melihat dari produk-produk terbaru Honda, kemungkinan besar WR-V juga akan mengadopsi sistem keselamatan yang sama dengan produk lainnya seperti Mobilio, BR-V, dan Jazz.

Sistem keselamatan yang dimaksud misalnya double air bags (kantung udara ganda) di sisi depan, serta sistem pengereman ABS (Antilock Brake System) yang berguna saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendara, Honda WR-V juga memiliki fitur cruise control, yaitu teknologi yang memungkinkan pengemudi mengendarai mobil dengan kecepatan stabil tanpa harus terus menerus menginjak padal gas.

Fitur ini sangat berguna dan penting untuk para pengemudi yang sering melakukan perjalanan jauh.

Harga

Kehadiran Honda WR-V tentu akan membuat persaingan antar mobil-mobil SUV semakin menarik. Sebab, sebelum WR-V meluncur di Brasil dan Amerika Utara, merek lain seperti Toyota, Suzuki, Hyundai dan beberapa produsen mobil dari Asia sudah lebih dulu memasarkan produk serupa. Sebut saja Toyota CHR, Suzuki Vitara Brezza, serta Hyundai All New Tucson.

Honda WR-V sudah masuk daftar jual di Brasil sejak 2015, namun baru beredar pada akhir 2016. Kemungkinan penjualan WR-V di Indonesia sangat besar mengingat Honda memiliki banyak konsumen di Indonesia.

Selain itu, dengan harga yang relatif lebih murah dibanding Mobilio atau BR-V, mobil ini diyakini bisa dengan mudah memikat perhatian para konsumen otomotif lokal.

Menurut selentingan kabar yang beredar, kelas Honda WR-V akan berada di bawah BR-V dan Jazz, yaitu sekitar Rp 200 jutaan. Kalau benar demikian, berarti WR-V akan menjadi mobil bertipe SUV dengan harga yang terjangkau.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak Honda mengenai harga dan kapan WR-V akan dijual di pasar otomotif Indonesia.

Dari kabar yang dihimpun dari sejumlah media massa asal Brasil, penjualan WR-V di negeri samba itu terbilang berhasil. Mereka tidak menyebut secara jelas berapa presentasi pasti penjualannya, tapi mayoritas konsumen mengaku puas dengan performa mobil ini.

Mari kita tunggu kehadirannya di Indonesia. Nah, buat yang berminat memiliki SUV keren ini harap bersabar ya!
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *