3 Tipe Busi Terbaik yang Dapat Mendongkrak Performa Motor

Diposting pada
Busi adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam suatu rangkaian mesin suatu kendaraan. Komponen yang bekerja dalam sistem pengapian ini berfungsi untuk memantikkan api pada campuran udara dan bahan bakar yang sudah dikompresi.
Hal ini tentu sangat penting karena dengan busi yang baik akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga suplai bahan bakar akan optimal dan performa motor pun ikut naik.
Pada dasarnya setiap motor pasti sudah dilengkapi dengan busi bawaan pabrik, tapi biasanya busi tersebut bertipe standar yang disesuaikan dengan kebutuhan motor sehingga tak jarang membuat konsumen mengeluh dengan performa yang kurang maksimal.
Hal ini pula yang mendasari semakin banyaknya produsen busi aftermarket berlomba-lomba mengeluarkan berbagai merk dan tipe busi dengan keunggulannya masing-masing.
Lalu, diantara sekian banyak tipe busi, manakah yang terbaik untuk dapat mendongkrak performa motor? Penasaran? Silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Busi Terbaik Yang Dapat Mendongkrak Performa Motor Anda

1. Busi Iridium

Busi Terbaik Iridium
Busi Iridium
Yang pertama adalah jenis busi dengan tipe Iridium. Busi ini sudah terkenal mampu meningkatkan performa motor sehingga beberapa diantaranya ada yg menyebut busi Iridium sebagai busi ‘Racing’ terbaik.
Berbeda dengan busi standar, busi jenis Iridium ini terbuat dari logam yang sangat keras, pada bagian ujung elektrodanya terbuat dari nikel yang di kombinasikan dengan bahan Iridium berwarna platinum.
Cara kerjanya adalah lapisan pada jarum busi dengan bahan elektroda nikel dan iridium tadi dapat menghasilkan proses yang lebih fokus ketimbang busi standar. Dengan demikian mampu mengoptimalkan sistem pembakaran sehingga dapat mendongkrak performa motor.
Untuk harganya busi Iridium dibanderol seharga Rp. 90-100 ribu, hal ini tentu jauh lebih mahal daripada busi standar namun cukup sesuai mengingat busi tipe Iridium tidak hanya mampu mendongkrak performa motor tapi juga dapat bertahan lebih lama yakni 70-100 ribu km.

2. Busi Platinum

Busi Terbaik Platinum
Busi Platinum
Berbeda dengan Iridium yang dijuluki sebagai busi ‘Racing’, busi Platinum lebih dikenal sebagai busi ‘Touring’ untuk para bikers yang suka main rpm tinggi. Hal ini didasari oleh sifat dari bahan busi itu sendiri, yakni ‘Platinum’ yang diklaim lebih tahan panas sehingga mampu membuat pembakaran pada motor tetap stabil walaupun digunakan terus-menerus dalam rpm tinggi.
Busi Platinum memiliki bentuk elektroda yang lebih runcing daripada busi lainnya yang mana pada ujung runcing tersebut dibalut dengan bahan Platinum.
Cara kerja busi ini adalah membuat hantaran pengapian dari koil menjadi stabil dan percikan api yang dihasilkan lebih sempurna, sehingga proses pembakaran bensin menjadi optimal dan efisien.
Namun busi Platinum memiliki kekurangan yaitu tidak cocok dipakai pada motor dengan kompresi rendah atau motor yang hanya digunakan sehari-hari untuk jarak dekat. Hal itu dikarenakan busi Platinum termasuk kategori busi dingin yang mana hanya cocok dipakai pada motor dengan mesin ‘Panas’ (rpm dan kompresi tinggi).

3. Busi Resistor

Busi Terbaik Resistor
Busi Resistor
Busi tipe Resistor ini sebenarnya sering disalah artikan sebagai busi ‘Racing’ karena terdapat kode “R” pada bagian badan businya. Padahal bukan seperti itu, busi Resistor adalah busi yang memiliki bentuk sama dengan busi standar namun pada bagian tengahnya dipasangi oleh sebuah resistor untuk menstabilkan gelombang elektromagnet yang diakibatkan oleh lonjakan pengapian.
Jadi cara kerja busi ini adalah untuk membuat sistem pengapian menjadi lebih stabil sehingga gelombang elektromagnet yang dihasilkan dapat ditekan sekecil mungkin untuk mengurangi gangguan pada sistem kelistrikan motor.
Oleh karena itu busi Resistor dapat digunakan pada motor dengan tipe mesin apa saja, bahkan akan sangat cocok apabila digunakan pada motor berteknologi injeksi yang cara kerjanya full mengandalkan sistem kelistrikan sehingga dengan menggunakan busi ini motor anda dapat meraih performa yang maksimal.
Demikianlah ulasan terhadap 3 tipe busi yang mampu mendongkrak performa motor anda. Pastikan bahwa anda memilih tipe busi yang paling sesuai dengan kebutuhan motor sehingga dapat menghasilkan efek yang maksimal. Terimakasih dan semoga ulasan ini bermanfaat buat pembaca semua.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *