Tips Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

Diposting pada
Setiap mobil yang kita beli pasti sudah dibekali dengan mesin standard dengan spesifikasi dan kapasitas yang berbeda – beda sesuai jenis mobilnya.
Mesin yang telah tertanam ini pun sudah disesuaikan dengan mempertimbangkan banyak hal dan juga sudah di uji coba beberapa kali demi keselamatan serta kenyamanan pengendara nantinya.
Namun, tak jarang para pengemudi merasa tidak puas dengan kinerja mesin mobilnya. Mereka pun mencoba untuk menyetting mesin mobil agar lebih bertenaga dan kencang. Cara dan metode yang digunakan pun beragam sesuai teknologi dan tipe mobil.
Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan tenaga mesin mobil yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dan tanpa harus mengeluarkan duit untuk ke bengkel.
Tips Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil


Cara meningkatkan tenaga mesin mobil

1. Memasang turbocharger

Cara meningkatkan tenaga mesin mobil yang pertama adalah dengan memasang turbocharger pada mesin. Penggunaan turbocharger sendiri tergolong efektif karena cara kerjanya yang mendaur ulang gas buang.
Sisa gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran dalam mesin digunakan untuk memutar kipas angin dalam turbocharger agar kinerja mesin menjadi semakin baik.

2. Mengurangi beban mobil

Cara yang satu ini merupakan cara sederhana nan masuk akal. Tak bisa dipungkiri kemampuan mobil juga dipengaruhi oleh beban yang dibawanya.
Maka dari itu, anda dapat mengganti komponen – komponen mobil yang dirasa berat dan menggantinya dengan komponen yang terbuat dari bahan yang lebih ringan.
Ingat, mengurangi beban disini bukan menghilangkan beberapa bagian mobil karena ini bisa membahayakan.

3. Mengganti busi

Cara yang satu ini juga cukup efektif untuk meningkatkan tenaga mesin mobil. Seperti yang kita ketahui, busi merupakan bagian yang cukup penting dalam kendaraan baik motor atau pun mobil.
Maka dari itu, bagi anda yang menginginkan tenaga mobil bertambah, sangat disarankan untuk mengganti busi mobil dengan busi iridium.
Busi jenis ini dapat menghasilkan pembakaran yang cukup sempurna. Dengan demikian performa mesin pun akan sangat maksimal.


4. Memilih pelumas yang bagus dan sesuai

Pemilihan pelumas juga sangat penting bagi kinerja mesin. Pilihlah jenis pelumas yang benar – benar bagus dan cocok digunakan pada mesin anda.

Sekarang ini sudah banyak pelumas yang menawarkan berbagai kelebihan mereka. Anda hanya perlu memilih yang paling tepat untuk meningkatkan kinerja mesin mobil anda.

5. Memasang inter cooler

Mesin yang panas sering kali dapat menurunkan performa mesin baik itu pada jangka waktu pendek maupun panjang. Solusinya, anda dapat memasang inter cooler pada mesin anda agar performanya tetap stabil.
Hal ini dikarenakan inter cooler berfungsi untuk mendinginkan udara masuk di dalam ruang pembakaran.

6. Merombak knalpot

Merombak kenalpot juga menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja mesin mobil.
Banyak orang yang mengganti knalpot standar yang mereka gunakan dengan knalpot racing yang memiliki lubang lebih lebar. Hal ini mampu mengurangi sistem pembuangan sisa dari pembakaran.

7. Saringan udara

Udara yang mengandung debu dan kotoran dapat mengganggu kinerja mesin. Maka dari itu tak ada salahnya untuk mulai memasang saringan udara agar udara yang masuk menjadi lebih bersih. Ini juga membantu piston untuk lebih maksimal dalam melakukan pembakaran.
Itulah beberapa tips cara meningkatkan tenaga mesin mobil. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan perawatan serta regenerasi pada mesin agar performanya tetap stabil dan tidak menurun.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *