6 Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Menurunkan Gas

Diposting pada
Pernahkah Anda mengalami knalpot motor yang Anda kendarai tiba-tiba mengeluarkan suara letusan atau nembak ketika melaju? Kejadian knalpot nembak ini biasanya terjadi ketika menurunkan gas atau melepas gas dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
Lalu apa saja penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas? Simak ulasannya berikut ini.
6 Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Menurunkan Gas

Penyebab Knalpot Nembak Saat Menurunkan Gas

1. Masalah Pada Busi

Kualitas percikan api dari busi menentukan proses pembakaran yang terjadi pada mesin. Jika percikan api yang terjadi terlalu kecil, proses pembakaran akan berlangsung tidak sempurna atau prematur sehingga menimbulkan suara ledakan diikuti dengan matinya mesin motor.
Percikan api yang kecil tersebut biasanya disebabkan karena adanya kerak pada busi, elektroda busi terlalu basah atau masa pakai busi telah habis.
Pemilihan busi yang salah seperti menggunakan besi panas atau besi dingin yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin juga bisa menyebabkan knalpot nembak.
Oleh sebab itu, selalu pilih busi standar yang sesuai dengan tipe mesin Anda dan pilih bahan bakar beroktan tinggi atau minimal RON 90 agar mesin dapat bekerja optimal dan kerak yang menempel pada busi dapat diminimalisasi.

2. Kebocoran Knalpot

Knalpot nembak juga bisa terjadi karena adanya kebocoran atau kesalahan pada knalpot. 

Knalpot yang bocor atau paking knalpot yang tidak terkunci sempurna pada blok mesin menyebabkan knalpot tidak bisa meredam suara ledakan yang timbul ketika proses pembakaran di ruang bakar mesin sedang berlangsung dan tidak bisa menyalurkan gas buang hasil pembakaran sehingga menimbulkan suara ledakan.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan cara selalu memeriksa kondisi knalpot dan mengunci rapat kepala knalpot lengkap dengan paking knalpot pada blok mesin.

3. Komponen Karburator Mengalami Aus

Pada karburator jenis vakum atau velocity constantly, aliran bahan bakar ke ruang bakar mesin mengandalkan kinerja buka tutup klep yang terbuat dari karet. 

Komponen tersebut sangat efektif dalam mengalirkan bahan bakar karena lebih lentur. Hanya saja komponen karet sering cepat aus dan mengeras jika terlalu sering terkena bahan bakar. 

Jika komponen karet telah mengalami pengerasan, maka proses penyaluran bahan bakar pun akan terhambat sehingga tarikan motor pun tersendat dan ketika gas diturunkan ke posisi semula akan menimbulkan suara ledakan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengecek kondisi karet klep secara rutin dan ganti bila sudah mengeras. Selain itu, Anda bisa mengatur ulang setingan karburator agar bisa mengalirkan udara dan bahan bakar secara seimbang. 

4. Masalah Pada Saluran Udara ke Mesin

Proses pembakaran membutuhkan pasokan udara atau oksigen. Proses ini tidak akan berlangsung dengan sempurna jika pasokan udara ke ruang bakar tidak sesuai takaran. Hal itu bisa menyebabkan suara ledakan ketika menurunkan putaran mesin atau mengembalikan gas ke posisi semula.

Untuk mencegah hal ini, Anda bisa membersihkan dan memeriksa saluran udara secara rutin.

5. Permasalahan Pada Ukuran Main Jet

Fungsi karburasi sangat dipengaruhi oleh main dan pilot jet. Main jet memainkan peranan penting ketika motor berada di RPM tinggi, sedangkan pilot jet memainkan peran penting ketika motor berada di RPM rendah. 

Ukuran main jet yang kurang tepat seperti terlalu kecil atau terlalu besar bisa menyebabkan knalpot nembak saat gas diturunkan. Anda bisa mengatur ulang setingan jet ini untuk mendapatkan performa karburasi yang optimal.

6. Lupa Menutup Choke

Ketika pemilik kendaraan lupa menutup choke, maka aliran bahan bakar dari karburator ke ruang bakar melimpah sehingga menimbulkan proses pembakaran yang tidak sempurna. Akibatnya muncul suara ledakan dari knalpot ketika tuas gas ditarik yang diikuti dengan mesin motor tersendat atau mati.

Sebaiknya selalu memeriksa posisi tutup choke, segera tutup dan nonaktifkan jika posisi choke berada dalam keadaan terbuka. Apabila posisi choke telah tertutup namun masih sering terjadi ledakan, sebaiknya periksa kabel choke dan bersihkan karat yang menempel pada kabel dengan menggunakan bensin.

Itulah 6 penyebab knalpot motor nembak saat menurunkan gas. Jika permasalahan masih berlanjut, sebaiknya bawalah motor ke bengkel untuk dilakukan penanganan leih lanjut.
loading...

One thought on “6 Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Menurunkan Gas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *