Tips Yang Benar Dalam Merawat Motor Agar Awet Dan Selalu Tampil Prima

Diposting pada
Tips Yang Benar Dalam Merawat Motor Agar Awet Dan Selalu Tampil Prima ~ Tentunya setiap orang ingin motornya awet. Motor yang baru di beli memang harus selalu dijaga dan dirawat. Namun tahukah kamu bagaimana cara untuk merawat motor baru.
Sebelum itu ketika membeli motor baru biasanya kita melakukan inreyen, inreyen adalah masa dimana komponen-komponen kendaraan masih dalam masa penyesuaian. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas motor agar tidak cepat rusak.

Tips Yang Benar Dalam Merawat Motor Agar Awet Dan Selalu Tampil Prima

Perawatan Motor Untuk Mesin Manual Dan Matic

Motor yang beredar di pasaran biasanya adalah manual dan matic. Dalam melakukan perawatan motor baru dengan transisi manual dan matic bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Jangan perlakukan motor secara ekstrim pada 500 km pertama, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi, atau menekan gas kuat-kuat. Kesalahan seperti tiu dapat membuat komponen yang terbentuk akibat gesekan tidak akan bekerja secara optimal.
  2. Kendalikan RPM mesin motor dengn tidak melebihi anjuran di buku pedoman kendaraan. Memacu motor dengan kecepatan tinggi hanya akan memperpendek umur komponen-komponen di mesin motor karena gesekan berlebih.
  3. Hindari berkendara di jalan berbatu atau yang basah. Ban masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi sehingga bila dipaksakan akan beresiko slip.
  4. Jangan membawa beban berlebihan, hal ini hanya akan menambah beban-beban komponen dalam mesin dan mengurangi usia pemakaian motor.
  5. Ganti oli setelah melewati 1000 km pertama. Dengan tujuan sisa-sisa gesekan antara komponen seperti pembentuk komponen dapat larut terbuang bersama oli anda. Kosongkan oli hingga benar-benar kosong meskipun jarak yang sudah anda tempuh belum begitu jauh dan kualitas oli lama masih baik. Karena di sini yang di tekankan adalah membersihkan mesin agar terhindar dari penggumpalan partikel.
  6. Manfaatkan gratis service motor untuk memperpanjang umur motor.
  7. Lakukan oengecekan secara berkala pada bengkel resmi yang tersedia di kota anda.
  8. Ketika menghidupkan motor panaskan selama lima sampai 10 menit.
  9. Rajinlah mencuci motr baru anda. Tentunya hal ini berkaitan dengan penampilan dan ketahanan komponen luarnya agar terhindar dari karat.
  10. Ganti oli sesuai dengan yang ditunjukan oleh panduan mengganti oli. Karena oli yang sudah lama di pakai kurang bisa melumasi komponen mesin secara merata.
  11. Periksalah rantai kendaraan anda secara berkala, dan untuk kendaraan matic periksalah v-belt dan roller yang letaknya di samping belakang. Gantilah rutin untuk meminimalisir kerusakan dan penurunan kenyamanan berkendara.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat motor baru. Yang terpenting adalah selalu membawa ke dealer resmi untuk di service secara berkala untuk menghindari penuruan kualitas mesin. Jangan sampai motor baru anda langsung terasa seperti motor tua karena pemakaian dan perawatan yang salah.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *