Tips Terbaik Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Berkendara

Diposting pada
Tips Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Berkendara ~ Macet merupakan hal yang sudah biasa untuk warga ibu kota. Berada di atas kendaraan dalam waktu yang lama tentunya sangat melelahkan, ditambah jarak tempuh yang masih panjang.
Lelah dan kantuk pun timbul. Namun walau mengantuk dan lelah biasanya pengemudi tetap nekad untuk menerjang jalan sehingga banyak kecelakaan yang terjadi akibat faktor ini. Untuk itu di sini ada beberapa tips yang bisa di lakukan agar berkendara tidak muda capek.

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Berkendara

1. Beristirahat

Untuk anda yang merasakan lelah saat berkendara seperti setelah anda lolos dari macet atau memang berkendara dalam waktu yang cukup lama, maka jangan memaksakan diri anda.
Bila lelah sudah terlanjur datang, maka di anjurkan untuk beristirahat. Karena apabila anda memaksakan diri bisa saja akan menimbulkan bahaya untuk anda ataupun orang-orang disekitar anda.

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Dalam Berkendara

2. Pilih Jalan

Pilihlah jalan yang kemungkinan tidak macet dan juga mempunyai waktu paling cepat. Dengan begitu anda akan cepat sampai tujuan dan dapat beristirahat di tempat tujuan tersebut.
Jika waktu sampai tujuan lebih dari enam jam, maka di anjurkan untuk intirahat terlebih dahulu, baru melanjutkan lagi perjalanan.

3. Tahan emosi

Macet menjadi faktor yang menyebabkan lelah. Di saat macet dan kondisi jenuh yang anda rasakan pasti akan timbul emosi karena merasa waktu terbuang sia-sia.
Hibur diri anda dengan musik, atau menghidupkan radio. Kendorkan otot tubuh agar lebih santai. Lebih baik sebelum anda memasuki mobil lemaskan dulu badan anda seperti melakukan pemanasan.

4. Selalu Sediakan Air Minum

Selalu sediakan minum di mobil untuk menghindari dehidrasi. Karena dehidrasi juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kelelahan. Tubuh membutuhkan cairan meskipun di dalam mobil yang sedang berjalan. Gunakan air putih biasa agar cepat terserap oleh tubuh. 

5. Mencegah Lelah untuk Motor

Untuk mencegah lelah saat menaiki kendaraan bermotor maka yang perlu di perhatikan adalah posisi saat menaiki kendaraan tersebut.
a. Posisi duduk

Posisi duduk yang benar adalah tidak terlalu di pojok depan jok dan jangan sampai sampai ke tengah-tengah jok. Kaki harus lurus dan membentuk siku dan jangan sampai terlalu keluar posisi bodi motor. 

b. Posisi tangan

Posisi tangan saat berkendara menggunakan motor yang benar adalah membentuk sudut sekitar 30 derajat dari sisi luar  tangan. Meluruskan tangan saat berkendara akan membuat tangan cepat pegal.
Untuk motor yang memiliki setang agak kebawah, bisa di tambahkan peninggi setang agar tidak cepat pegal karena membungkuk dan tangan seperti sedikit menahan berat badan.

c. Celana Ketat

Jangan menggunakan celana ketat ketika berkendara dengan motor khususnya untuk jarak yang jauh. Karena akan menimbulkan tidak nyaman dan pegal di kaki. Gunakan celana yang longgar atau elastis.
Itulah beberapa tips agar tidak lelah berkendara di jalan. Selalu waspada dan hati-hati agar selamat sampai tujuan. Istirahatlah bisa diperlukan.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *