Tips Cerdas Saat Membeli Mobil Bekas Taksi

Diposting pada

Mobil bekas Taksi

Saat ini membeli mobil bekas taksi sudah menjadi kebiasaan yang lumrah di lakukan oleh masyarakat. Mereka lebih memilih membeli mobil bekas taksi daripada membeli mobil bekas pribadi. Hal ini buka tanpa alasan, karena membeli mobil bekas taksi mempunyai keuntungan tersendiri. 

Salah satunya adalah harga yang ditawarkan dalam membeli mobil bekas taksi lebih murah dari pada membeli mobil bekas pribadi. Mobil bekas taksi yang dijual juga biasanya mobil dengan merek yang sudah familiar terdengar di masyarakat, misalnya saja Toyota Vios.
Selain itu keuntungan yang lainnya adalah kita hanya perlu melakukan sedikit memodifikasi untuk mempercantik tampilannya, sehingga tidak perlu menghamburkan banyak uang lagi.

Namun sebelum membeli mobil bekas taksi, yang wajib anda cermati adalah, mobil ini adalah mobil yang kerja keras. Maksudnya begini, jika mobil pribadi, kebanyakan hanya digunakan untuk berangkat dan pulang kerja, sementara mobil taksi, seperti yang kita ketahui, selalu digunakan setiap hari dan bahkan hingga mencapai 12 jam perharinya.

Jadi, perlu banyak pertimbangan serta pengecekan yang harus anda lakukan saat akan membeli mobil bekas taksi.  Oke buat anda yang belum tahu pengecekan apa saja yang harus anda lakukan, berikut kami berikan beberapa tips yang bisa anda terapkan
Tips Cerdas Saat Membeli Mobil Bekas Taksi
Mobil bekas Taksi

1. Latar belakang perusahaan taksi tersebut

Sebaiknya sebelum membeli mobil bekas taksi, lakukan riset dulu mengenai perusahaan taksi yang menyediakan mobil bekasnya untuk dijual. Kita bisa mencarinya melalui internet atau datang langsung ke perusahaan taksi tersebut. 

Dengan mengetahui informasi ini maka akan banyak pilihan untuk memilih mobil bekas yang akan dibeli. Serta yang lebih penting, dengan mengetahui perusahaanya, kita bisa mengetahui bagaimana kredibilitas perusahaan tersebut. Biasanya, semakin bonafit suatu perusahaan taksi, semakin baik pula perawatan yang dilakukan pada tiap armada taksinya. 

2. Jangan Memilih Mobil Bekas Taksi Dari Unit ke Bandara

Biasanya mobil taksi dari unit bandara memiliki masa tempuh yang lebih panjang daripada yang biasa. Karena masa tempuh yang panjang ini maka tentu saja akan berpengaruh ke kondisi keseluruhan mobil terutama bagian mesin. 

3. Cari yang Paling Disukai

Ketika sudah mendapatkan banyak pilihan mobil bekas taksi, maka jangan terlalu bingung untuk memilih. Sortir terlebih dahulu mobil mana yang paling disukai, jenis apa, dan bagaimana warnanya. Maka nantinya akan lebih mudah untuk menyeleksi ulang dan kemudian mendapatkan keputusan final mana yang akan dibeli.

4. Cek Mobil dengan Seksama

Bila sudah mendapatkan beberapa incaran mobil, usahakan mencari yang mendekati model Toyota Vios lalu ceklah kondisi mobil secara keseluruhan. Bawalah kerabat atau teman atau montir yang berpengalaman untuk memeriksa mobil. Periksa seluruh bagian tanpa kecuali. Cek bagian mesin, tombol setir, rem, bagian interior maupun eksteriornya.

5. Lakukan Tes Drive

Selain melakukan pengecekan pada seluruh komponen mobil maka langkah selanjutnya adalah melakukan test drive atau tes mengemudi. Cobalah mobil untuk berjalan beberapa kilometer, apakah terasa ada yang aneh atau tidak dengan pedal atau putaran setir. Dengarkan juga dengan teliti apa ada suara yang mengganggu dari bagian mesin atau kaki-kaki mobil.

6. Mintalah Garansi atau Jaminan Mobil Baik-baik Saja

Setelah mendapatkan kondisi mesin, interior, dan eksterior seperti yang diharapkan maka langkah selanjutnya adalah meminta garansi atau mungkin jaminan dari kondisi mobil bekas taksi dalam kurun waktu selama satu tahun. Walaupun pemilik perusahaan taksi jarang sekali memberikan garansi, namun tidak ada salahnya mencoba memintanya kan?

7. Menyiapkan Dana Cadangan

Kita mungkin sudah bisa memperkirakan berapa harga dari mobil bekas taksi tersebut. Namun tidak ada salahnya membawa dana tambahan atau dana tidak terduga kalau-kalau mobil yang kondisi mendekati 100% tidak ada dan harus melakukan sedikit perbaikan yang mengeluarkan uang.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membeli mobil bekas taksi agar nantinya tidak membuat kecewa. Semoga artikel ini bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *