Perlengkapan Motor Yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Diposting pada
Perjalanan jauh menggunakan motor memang bukan merupakan hal tabu lagi. Sudah banyak orang yang menggunakan motor untuk menuju tempat yang jauh, seperti pulang kampung saat lebaran atau liburan ke suatu tempat.
Menggunakan motor untuk perjalanan jauh juga menjadi menyenangkan karena kita bisa langsung merasakan udara dan melihat pemandangan di sekitar kita tanpa terhalang apapun.
Sebelum melakukan perjalanan tentunya pengguna motor harus mempersiapkan banyak hal. Untuk anda yang belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan, maka kami anjurkan untuk terus membaca artikel ini.

Beberapa Perlengkapan Motor Yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh

1. Jaket

Melakukan perjalanan menggunakan motor tentunya membuat pengendaranya langsung berhadapan dengan angin. Lama kelamaan angin ini bisa membuat anda sakit atau masuk angin. Untuk itu bawalah jaket yang tebal untuk menahan angin masuk ke tubuh anda. 

Apabila memang di perlukan bawalah jaket anti air untuk menahan air dari hujan. Kalau perlu gunakan jaket anti air ataupun jas hujan dari awal berkendara. Memang ketika motor terdiam akan terasa panas di tubuh, namun ketika motor sudah mulai berjalan tubuh akan berasa lebih nyaman.
Perlengkapan Motor Yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

2. Pakaian ganti

Pakaian ganti merupakan hal yang penting. Keringat yang timbul akan menyebabkan ketidaknyamanan ketika berkendara dan akan mengganggu anda. Gantilah pakaian anda saat anda sudah merasakan tubuh yang kotor.

3. Alas kaki 

Alas kaki yang nyaman juga mempengaruhi anda ketika berkendara. Gunakan sepatu yang memang dikhususkan untuk motor agar kaki tidak cepat pegal. Menggunakan sepatu ini juga membuat kaki lebih nyaman dan terhindar terkena benda asing yang bisa melukai kaki.

4. Tool Kit

Tool kit anda bawa dengan tujuan apabila nanti ketika di perjalanan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti baut yang copot atau sesuatu yang terasa longgar sehingga bisa membahayakan anda dan pengendara lain di sekitar anda, anda langsung bisa memperbaikinya. Dengan membawa tool kit ini anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa membawanya ke bengkel.

5. Bekal makanan atau minuman

Menggunakan kendaraan bermotor tentu saja membuat anda mudah lelah. Dengan membawa makanan atau minuman anda bisa berhenti untuk beristirahat dan mengisi tenaga kembali. Apabila anda repot untuk membawa bekal, cukup membawa sejumlah uang untuk membelinya di jalan nanti.
Tentunya ini akan menjadi petualangan mencari makan yang menyenangkan karena anda akan mencari makanan yang belum pernah anda coba.

6. Uang

Bawalah uang secara fisik untuk berjaga-jaga. Selain untuk membeli makan atau minum, anda juga bisa menggunakan uang ini apabila ada kerusakan pada kendaraan anda dan anda butuh untuk memperbaikinya di bengkel.
Atau sering terjadi ketika ban bocor dan anda harus menambalnya. Jangan hanya membawa ATM karena belum tentu daerah yang anda lewati terdapat ATM.

Demikian beberapa perlengkapan yang bisa anda siapkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Ingat beristirahatlah ketika anda mulai lelah untuk keselamatan anda.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *