Perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Diposting pada
Perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra – Dalam waktu dekat ini akan mengaspal dua mobil baru dari Toyota dan Daihatsu, kedua mobil ini akan hadir dengan segmen mobil keluarga murah atau LCGC 7 penumpang. Mobil itu diberi nama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Diantara keduanya mana yang terbaik? Lalu apa saja perbedaan dari kedua mobil ini? Oke langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.
Perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

1. Desain Eksterior

Pada bagian desain, Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra memiliki kesamaan apabila dilihat hanya sesaat. Namun apabila dicermati kedua mobil ini sebenarnya memiliki beberapa perbedaan yang tidak begitu mencolok.
Kesamaan kedua mobil ini adalah memiliki desain lampu utama yang berbentuk sama, yaitu dibuat lebih tajam. Paduan grill dan krom pada bagian tengah yang berbentuk beberapa garis membuat tampilan depan makin menarik.
Perbedaan dari kedua mobil ini terletak pada bagian bumper depan. Pada aliran udara kedua mobil ini walaupun memiliki ukuran yang sama besar, namun pada Daihatsu Sigra bagian depan tampak lebih besar karena ketajaman pada bagian sudut yang lebih tegas.
Aliran udara pada bagian depan juga terpisah dengan bumper. Berbeda dengan Toyota Calya yang lubang udaranya dibuat menyatu dengan bumper, sehingga bila diperhatikan lebih detil malah lebih mirip dengan Toyota Veloz.
Pada bagian floglamp, mobil Daihatsu dibuat dengan gaya meruncing dengan posisi horisontal. Sedangkan untuk mobil Toyota Calya floglamp dibuat meruncing namun diletakkan vertikal. Selain hal yang sudah disebutkan tadi tidak ada lagi perbedaan lain yang mencolok pada bagian eskteriornya.

2. Mesin dan Transmisi

Nantinya Daihatsu akan meluncurkan Sigra dengan beberapa tipe, yaitu Sigra D, Sigra M, Sigra X, dan yang terakhir Sigra R. Untuk urusan transmisi, Daihatsu memberikan dua pilihan , yaitu transmisi otomatis dan juga manual.
Untuk dua tipe dengan harga murah yaitu mobil Daihatsu Sigra tipe D dan juga M akan dibekali dengan mesin yang lebih kecil dari tipe yang lebih tinggi, yaitu mesin 1.0 liter bertipe D26F 1KR-DE dengan menggunakan transmisi manual.
Untuk tipe di atas D dan M yaitu tipe Sigra X dan Sigra R diberikan mesin yang lebih tinggi yaitu mesin 1.2 liter dual VVT-i. Untuk tipe Sigra X dan Sigra R diberikan mode transmisi manual serta otomatis yang nantinya akan berpengaruh pada harga pada setiap tipenya yang berbeda-beda.
Harga Daihatsu Sigra sendiri akan dibanderol mulai dari harga 109 juta Rupiah untuk tipe Sigra yang terendah, dan untuk tipe yang tertinggi memiliki harga hingga 136 juta Rupiah.
Berbeda dengan Daihatsu Sigra yang menggunakan dua jenis mesin untuk produknya, Toyota Calya hanya akan menggunakan satu mesin saja. Mesin yang akan digunakan Toyota Calya adalah 1.2 liter Dual VVT-i.
Toyota juga akan mengeluarkan Toyota Sigra dengan hanya dua tipe saja, yaitu tipe E pada tingkat paling rendah dan tipe G pada tingkat yang paling tinggi.  Kedua tipe mobil tersebut akan dihadirkan dengan pilihan transmisi manual ataupun transmisi otomatis.
Kabar yang sudah beredar di masyarakat bahwa kedua mobil ini akan diluncurkan pada bulan Agustus pada saat ajang yang di buat oleh Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2016. Dan tentunya mobil ini akan bersaing ketat dengan brand yang sudah mulai naik daun yaitu Datsun Go+ Panca.
Itulah beberapa perbedaan pada Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menjadi pembanding bagi Anda dalam memilih mobil yang cocok. Semoga artikel ini bermanfaat. 
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *