Jenis Helm Dan Fungsinya Yang Penting Untuk Kita Ketahui

Diposting pada
Jenis Helm Dan Fungsinya Yang Penting Untuk Kita Ketahui ~ Helm adalah suatu benda yang tentunya sangat melekat pada pengendara motor. Terlebih helm juga merupakan benda yang sangat penting bagi mereka. Karena fungsi dari menggunakan helm ini adalah untuk melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan dan mengakibatkan benturan di kepala.
Walau helm tidak bisa melindungi kepada 100% namun helm bisa meminimalisir akibat yang terjadi akibat benturan.

Jenis Helm Dan Fungsinya Yang Penting Untuk Kita Ketahui

Fungsi Helm

1. Melindungi Kepala

Seperti yang sudah di tuliskan di awal bahwa helm digunakan untuk melindungi benturan yang bisa saja terjadi akibat kecelakaan motor. Gunakan helm yang memiliki standar SNI agar kualitasnya terjamin.

2. Melindungi Mata

Biasanya helm di lengkapi dengan penutup tembus pandang untuk wajah kita, yang berfungsi untuk melindungi mata kita dari berbagai hal yang kita lewati di jalan raya. Seperti debu, atau kotoran agar tidak masuk ke mata kita.
Selain itu kaca pelindung juga melindungi wajah dari benda-benda asing seperti serangga atau batu kerikil kecil yang bisa saja melukai wajah kita dan mengganggu konsentrasi kita di jalan.

3. Melindungi Kepala dari Cuaca

Terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama bisa membuat dampak buruk untuk kulit kepala dan kesehatan kulit kepala kita seperti timbulnya penyakit kanker kulit. Dan juga tentu sangat tidak nyaman apabila kepala menjadi panas ketika berkendara di siang hari.
Air hujan yang turun juga bisa membasahi kepala sehingga membuat berkendara tidak nyaman. dengan menggunakan helm tentu saja bisa melindungi kepala kita dari panas sinar matahari ataupun air hujan.

4. Keindahan

Selain fungsi di atas, helm di jaman sekarang juga menjadi sebuah tren tersendiri bagi kalangan muda. Dengan bentuk, gaya dan corak yang beraneka ragam tentunya menjadikan helm sebagai penunjang penampilan pengendara motor.
Namun tahukah Anda apa saja jenis dari helm-helm yang banyak beredar dipasaran?

Jenis Helm

1. Shorty Helmet

Shorty Helmet
Shorty Helmet


Helm jenis ini adalah helm dengan keamanan terendah. Sempat ngetren di tahun 2000-an dan sekarang kembali di gunakan masyarakat. Helm seperti ini tidak memiliki pelindung kaca dan berbentuk seperti helm proyek. Standar SNI juga tidak tercantum pada helm jenis ini.
2. Helm Open Face
Helm Open Face
Helm Open Face

Helm ini memiliki gaya retro yang tren di masa sekarang. Namun helm seperti ini tidak terdapat katup topi di atasnya sehingga bisa di pakai di siang hari dapat menyebabkan mata silau terkena cahaya matahari.
3. Helm Half Face
Helm Half Face
Helm Half Face

Helm half face adalah hel yang sering di pakai oleh pengendara motor di Indonesia. Selain cukup aman harga helm inipun cukup terjangkau. Selain itu untuk membelinya sangat mudah karena pasti terdapat di semua toko helm.
4. Helm ¾
Helm ¾
Helm ¾

Helm ini hampir sama dengan helm half face, namun ada tambahan komponen di bagian leher yang membuatnya lebih aman.
5. Helm Full Face
Helm Full Face
Helm Full Face

Helm yang satu ini memiliki pelindung dari berbagai sisi yang membuatnya menjadi lebih aman. Pelindung tersebut meliputi wajah hingga dagu. Helm seperti ini biasanya digunakan untuk motor sport, namun bukan menjadi masalah bila penggunanya menggunakan motor matic atau bebek.
6. Helm Flip up
Helm Flip up
Helm Flip up

Helm flip up merupakan pengembangan dari helm full face, dimana helm ini bisa membuka bagian depan dan menjadikannya helm half face. Dengan begitu bukan hanya keamanan yang baik menggunakan helm ini, namun juga kenyamanan yang di tingkatkan.
Beberapa Jenis Helm Dan Fungsinya Yang Penting Untuk Kita Ketahui, semoga bisa membantu memilih helm yang cocok untuk anda. Yang terpenting jangan lupa menggunakan helm saat berkendara.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *