City Car New Brio VS New Mirage, Mana Yang Lebih Tangguh Dan Unggul?

Diposting pada
City car new brio vs new mirage, mana yang lebih tangguh dan unggul? – City car merupakan jenis mobil yang digandrungi masyarakat masa kini terutama generasi muda.
Dan hal ini yang membuat Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial untuk jenis mobil ini. Banyak pabrikan mobil dengan brand raksasa mereka yang memasarkan berbagai jenis mobil city car di Indonesia.
Hal ini tentunya membuat persaingan yang cukup sengit antara raksasa pabrikan mobil dunia, terutama Honda dan Mitsubishi yang kembali memperkenalkan city car mereka.
City Car New Brio VS New Mirage
City Car New Brio VS New Mirage

City Car New Brio VS New Mirage

Honda memperkenalkan New Brio pada bulan April saat ajang IIMS 2016 dan Mitsubishi yang akan mengeluarkan senjata barunya yaitu New Mirage pada acara GIASS 2016 pada bulan Agustus mendatang.
Tentunya ini akan menjadi persaingan yang ketat antara keduanya, lalu bagaimanakah perbandingan keduanya? Mana yang lebih bagus? Berikut kami sajikan review kedua mobil tersebut lebih mendetail dari berbagai sisi.

Desain Eksterior

Keduanya masih terikat dengan desain pada generasi sebelumnya, hal ini disebabkan karena keduanya masih ingin menunjukan ciri khas dan  identitas agar tetap bertahan di mata konsumen walaupun terdapat perubahan yang lebih baik.
Kita awali dengan Honda Brio, pihak Honda meringkas Brio menjadi satu varian saja yaitu Brio RS. Terdapat beberapa perbedaan yang lebih baik dari produk sebelumnya.
Perbedaan itu terdapat pada lampu projector, bumper depan yang lebih sporty di tambah dengan grill bertabur kelir hitam.
Pada bagian belakang terdapat garnis kaca pada pintu bagasi, perpaduan antara pelek dua warna juga menambah kesan sporty pada Brio RS ini, side skirt, dan kaca spion retracable yang mempunyai lampu sein didalamnya.
Lalu pada mobil Mirage, tahun ini membuat beberapa perubahan pada bagian luarnya walaupun lebih sedikit dari pada Brio.
Perubahan tersebut terletak pada bumper depan dengan warna hitam yang dipadukan dengan list crome sepanjang lampu kabut, pada bagian grillnya diperbesar dengan konsep floating.
Kap mesin diberi sentuhan garis ganda yang tebal membuat tampilan makin sporty, kombinasi dua warna pada velg dan terakhir bumper belakang yang lebih modern dan mempunyai guratan garis dinamis dan lampu reflektor berbentuk persegi memanjang.
Walau perubahan pada Brio lebih banyak dari pada Mirage namun hal ini tentunya kembali ke selera konsumen masing-masing.

Dimensi

Memang pada desain luar kedua mobil ada perubahan yang menonjol, namun apakah dimensinya ikut berubah?
Pada Brio RS sekarang memiliki dimensi panjang 2.640 mm dan lebar 1.680 mm. Untuk urusan tinggi Brio memiliki tinggi 1.84 mm dan jarak sumbu roda 2.345 mm.
Sekarang giliran New Mirage, walau pihak resmi Indonesia belum mengeluarkan berapa dimensi tepatnya, namun kita bisa merujuk pada data dimensi dari New Mirage yang belum lama ini realease di Thailand.
New Mirage memiliki panjang dan lebar berukuran 3.795 mm dan 1.655 mm. Tinggi 1.505 mm dan jarak sumbu rodanya adalah 2.450 mm.
Dari angka-angka diatas bisa dilihat bila Mitsubishi Mirage memiliki keunggulan dimensi body dari pada Honda New Brio RS.

Interior

Pada bagian interior pihak Honda merubah interior dari Brio RS secara signifikan. Dengan dashboard berkonsep modern bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Terdapat juga pengatur pendingin udara bergaya digital yang lebih dulu terdapat pada Mirage. Untuk bagian jok saat ini menyatu dengan sandaran kepala, sehingga malah terlihat seperti mobil LCGC.
Masih merujuk pada informasi dari Thailand, Mitsubishi Mirage masih mengandalkan tema dashboard seperti sebelumnya dengan warna hitam glossy.
Terdapat juga piranti untuk hiburan berupa head unit yang terhubung dengan pengaturan AC serta lampu belakang. Berbeda dari Honda brio, Mitsubishi Mirage memiliki sandaran kepala pada jok yang bisa dilepas dan diatur sesuai keinginan penumpang.

Mesin

Pada bagian dapur pacu kedua mobil ini masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu Honda Brio RS dengan mesin 4 silinder berkekuatan 1.2 L dengan teknologi SOHC i-VTEC yang sanggup mengeluarkan daya puncak 90 PS dan torsi maksimal 110 Nm.
Untuk sistem pengaturan kecepatan Honda memberikan pilihan antara menggunakan transmisi manual lima percepatan atau otomatis dengan teknologi CVT.
Dari informasi yang didapat dari Thailand, Mirage menggunakan mesin dengan kapasitas 1.2 L. Untuk segi kemampuannya hanya bisa mengeluarkan tenaga hingga 57 Kw atau sebesar 77 PS dan torsi maksimal 100 Nm.
Untuk pengaturan kecepatan sama dengan yang digunakan Brio yaitu otomatis CVT atau lima percepatan.
Dari perbandingan yang sudah dibahas diatas bisa dikatakan skor seri, namun untuk urusan harga memang belum bisa dipastikan karena harga Mirage masih belum direalese oleh pihak vendornya. Jadi untuk masalah harga, masih harus sabar menunggu.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *