Cara Mudah Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Dan Berjamur

Diposting pada
Sebagai bagian yang vital, tak baik jika Anda mengabaikan kebersihan kaca mobil Anda, karena peran kaca disini bukan hanya untuk menghalangi Anda supaya tidak terkena debu ataupun air hujan yang bisa datang dari arah samping ataupun depan dan belakang, tetapi kaca juga memiliki fungsi perlindungan bagi Anda.
Sebagai komponen yang juga menjaga keselamatan Anda, sangat tidak nyaman kiranya berada di dalam mobil yang kacanya kotor, buram dan berjamur, apalagi di kaca bagian depan, yang notabene akan mempengaruhi penglihatan Anda ketika mengemudi.
Cara Mudah Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Dan Berjamur
Namun, membersihkan kaca mobil juga tidak bisa dilakukan begitu saja apalagi secara sembarangan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh yang harus Anda terapkan untuk membersihkan bagian kaca mobil Anda  agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mudah Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Dan Berjamur

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membersihkan Kaca Mobil

  1. Sebaiknya Anda menggunakan air yang bersih untuk membersihkan kaca mobil. Jangan sekali- sekali menggunakan tampungan dari air hujan. Sebab walaupun airnya jernih, tetapi PH air hujan bisa memperburuk kondisi kaca Anda.
  2. Lakukan pembersihan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya air tidak cepat menguap karena dapat meninggalkan flek di permukaan kaca.
  3. Gunakan kain microfiber untuk mengelap kaca, tetapi jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan kain biasa yang bersih dan halus supaya kaca tidak tergores.
  4. Jika Anda ingin menambahkan pembersih kaca, Anda bisa menggunakan air tembakau, minuman soda atau shampoo.
  5. Jangan membersihkan kaca mobil dengan alkohol karena dapat merusak fungsi peredam panas bahkan bisa menimbulkan buram.
  6. Lap kaca mobil secara searah dan jangan lakukan dengan cara memutar karena bisa menimbulkan baret pada kaca jika ternyata ada pasir yang masih menempel pada kaca.
  7. Perhatikan kotoran yang ada di sela-sela karet jendela karena kotoran ini juga beresiko menimbulkan baret pada kaca mobil Anda

Cara untuk Membersihkan Kaca Mobil

Setelah Anda mengetahui hal apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum membersihkan kaca mobil, berikut ini akan dipaparkan mengenai cara untuk membersihkan kaca mobil yang benar. Silahkan disimak.

Menggunakan Air Tembakau

Meskipun terkenal sebagai bahan utama untuk membuat rokok, tembakau juga memiliki zat kimia yang mampu meluruhkan jamur ataupun kotoran di kaca. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
  • Sediakan tembakau secukupnya lalu rendam selama kurang lebih 10 menit.
  • Bersihkan kaca mobil Anda menggunakan air bersih terlebih dahulu.
  • Setelah selesai, siramkan air rendaman tembakau tersebut pada kaca mobil dan diamkan sekitar 5 menit.
  • Setelah didiamkan sekitar 5 menit, gosok kaca dengan perlahan dengan menggunakan busa yang lembut.
  • Lakukan hal tersebut sampai kaca mobil Anda benar-benar bersih

Menggunakan Minuman Soda

Cara yang kedua yakni dengan memanfaatkan minuman bersoda yang bahkan mungkin cukup sering Anda konsumsi. Nah berikut ini adalah caranya:

  • Siapkan air soda atau Anda bisa menggantinya dengan minuman soda kemasan berikut kain lap yang masih bersih.
  • Bersihkan dulu kaca mobil Anda dengan menggunakan kain, jangan menggunakan air karena jika Anda menggunakan air, unsur kimia yang terdapat di minuman bersoda tersebut akan bersenyawa dengan air sehingga akan mengurangi keefektifan soda untuk menghalau jamur dan buram pada kaca.
  • Ambil kain lap yang masih bersih tersebut lalu basahi dengan minuman soda lalu gosokkan pada kaca.
  • Lakukan hal tersebut sampai kaca mobil Anda benar-benar seperti yang Anda inginkan

Menggunakan Shampoo

Shampoo rambut juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca mobil, karena shampoo mengandung zat kimia dengan pH tertentu yang memang dirancang khusus untuk mengeringkan uap air. 
Nah, berikut ini adalah cara membersihkan kaca mobil dengan menggunakan shampoo:

  • Siapkan shampoo secukupnya beserta kain lap yang bersih atau kain microfiber jika ada.
  • Letakkan isi shampoo pada permukaan kaca mobil Anda, perlu diingat, sebaiknya Anda tidak mencampur shampoo dengan air.
  • Setelah Anda meletakkan isi shampoo pada permukaan mobil Anda, langkah selanjutnya adalah mengelapnya dengan kain yang telah disediakan tadi

Demikian artikel yang mengulas tentang hal yang harus Anda perhatikan sebelum membersihkan kaca mobil beserta cara untuk membersihkan kaca mobil.
Semoga dapat membantu Anda untuk membersihkan kaca mobil Anda sehingga Anda tidak perlu repot-repot membawa mobil Anda ke salon mobil.
Sebagai langkah pencegahan supaya kaca mobil Anda tidak buram dan tidak berjamur, sebaiknya Anda mengelap kaca mobil Anda sehari dua kali dan segera mengelap kaca mobil setelah mobil Anda kehujanan. Semoga bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *