Cara Menggunakan GPS Yang Benar Dan Cara Mengoptimalkan Fungsinya

Diposting pada
Cara menggunakan GPS yang benar dan optimal. GPS atau mungkin Anda juga mengenalnya sebagai Global Positioning System yang saat ini juga sudah banyak disematkan di mobil, digunakan sebagai pedoman untuk memantau posisi dari sebuah mobil.
Dengan fungsi tersebut, GPS tentu memiliki peran yang sangat penting bagi Anda apalagi ketika Anda tengah berada di daerah yang tidak Anda kenal sebelumnya.
Tetapi pada dasarnya GPS memiliki 2 fungsi yakni GPS navigasi dan GPS Tracker. GPS navigasi ini digunakan sebagai penunjuk arah atau jalan, sedangkan GPS tracker digunakan untuk mengetahui posisi mobil yang dilihat dari tempat lain dan biasanya juga diletakkan di tempat yang tersembunyi dari suatu mobil.
Fungsi vital dari GPS seperti yang telah disebutkan di atas tentunya tidak akan berguna ketika kita tidak tau bagaimana cara menggunakannya dengan benar serta cara mengoptimalkannya sehingga GPS dapat berfungsi dengan baik.
Nah, untuk menghalau ketidaktahuan tersebut, ada baiknya jika Anda meneruskan membaca artikel ini hingga tuntas.

Cara Menggunakan GPS yang Benar

1. Membaca Buku Petunjuk

Ketika Anda membeli sebuah GPS, tentu saja akan dilengkapi dengan buku petunjuk. Bacalah buku tersebut karena di dalam buku tersebut sudah ada mengenai cara untuk mengoperasikan sistem GPS. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan.

2. Install GPS

Ini adalah cara yang kedua setelah Anda memahami buku petunjuk. Silahkan untuk mengatur tanggal, waktu dan juga lokasi Anda, tetapi perlu diingat bahwasanya ketika Anda melakukan hal ini Anda tengah berada di rumah dan bukan di dalam mobil.

Selanjutnya adalah silahkan pasang GPS pada dashboard atau kaca depan mobil Anda. Pastikan Anda bisa melihatnya dengan jelas sekaligus tidak menghalangi Anda ketika Anda tengah mengemudi.

Cara Menggunakan GPS Yang Benar Dan Optimal

3. Atur Tujuan dengan Benar

Cara berikutnya adalah mengatur tujuan di GPS saat Anda tengah berada di tempat yang aman atau di tempat parkir yang pasti ketika Anda belum berangkat untuk perjalanan Anda. Anda tidak disarankan untuk melakukan hal ini ketika Anda tengah mengemudi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Tetapi jika Anda ingin mengubah rute, misalnya, padahal Anda tengah mengemudi, sebaiknya Anda menghentikan mobil terlebih dahulu di tempat yang aman, barulah ganti tujuan Anda di GPS

4. Mengisi Sistem GPS Sebelum Bepergian

Sebelum bepergian, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah GPS mobil Anda sudah terisi penuh ataukah belum. Ada baiknya juga jika Anda membawa charger mobil saat Anda bepergian untuk berjaga-jaga ketika baterainya habis, supaya Anda dapat dengan mudah untuk mengisinya kembali.

5. Atur Volume

Jika GPS milik Anda sudah dilengkapi dengan fitur audio, Anda sebaiknya juga melakukan pengaturan volume supaya Anda dapat mendengarnya dengan jelas. Mengatur volume juga sebaiknya berada pada level yang tidak terlalu kecil ataupun terlalu keras, sehingga nyaman ketika didengar.

6. Pilihlah Waktu yang Tercepat 

Sistem GPS akan menawarkan Anda 2 pilihan, yakni waktu yang tercepat dan jarak yang terpendek. Sebaiknya Anda memilih pilihan yang pertama, yakni waktu yang tercepat supaya lebih aman karena sudah pasti Anda akan diarahkan ke jalan yang memang umum untuk dilalui.

Sedangkan jika Anda memilih jarak yang terpendek, ada kemungkinan Anda akan diarahkan ke jalan yang beresiko, seperti jalan kecil, jalan gelap ataupun gang.

Cara Mengoptimalkan Fungsi GPS

Setelah mengetahui cara menggunakan GPS dengan benar pada poin pertama, poin kedua artikel ini akan memaparkan cara untuk mengoptimalkan fungsi GPS. Berikut ulasannya. 

1. Silahkan Ekplorasi Menu Point of Interest (POI) 

Cara yang pertama adalah Anda silahkan untuk mengeksplorasi menu Point of Interest (POI) pada GPS milik Anda. Setelah itu silahkan Anda untuk memilih salah satu kategori yang ingin Anda ketahui pada POI ini.

2. Mencari Point of interest  (POI) Secara Manual

Jika Anda sudah paham dan mengetahui nama lokasi atau jalan, misalnya, yang akan Anda tuju, carilah lokasi tersebut dengan menggunakan bantuan fitur search atau spell yang terdapat pada menu POI.

3. Pilihan yang Terdekat atau Tercepat

Hal ini juga termasuk cara untuk mengoptimalkan fungsi GPS. Pada beberapa GPS memang ada yang menggunakan algoritma perhitungan rute yang didasarkan pada tujuan yang terdekat ataupun tujuan yang tercepat.

Pada umumnya rute yang terdekat ini akan mengabaikan persimpangan jalan serta jalan yang kecil. Sedangkan pada lokasi yang tercepat akan memperhitungkan banyak faktor misalnya jalan yang lebar ataupun jalan tol.

Katakanlah Anda terjebak macet di jalan, GPS ini akan mengkalkulasikan jalur alternatif sehingga Anda dapat terbebas dari kemacetan tersebut.

Nah, itulah cara untuk menggunakan GPS dengan benar serta cara untuk mengoptimalkan fungsi GPS, semoga dapat membantu menambah wawasan Anda dalam GPS sehingga waktu yang Anda miliki dapat menjadi lebih efisien. Semoga bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *