5 Cara Murah Merawat Body Sepeda Motor Agar Tetap Kinclong

Diposting pada
Cara Merawat Body Sepeda Motor ~ Semua kendaraan bermotor pasti memerlukan perawatan. Baik perawatan sparepart mesin kendaraan maupun perawatan body kendaraan. Namun banyak pemilik kendaraan bermotor yang hanya memikirkan tentang perawatan mesin kendaraannya saja dan mengabaikan perawatan body-nya. Padahal perawatan body kendaraan juga cukup penting untuk dilakukan. 

Cara Merawat Body Sepeda Motor
Pada kendaraan bermotor roda dua yang hampir setiap hari Anda gunakan, perawatan body sangat diperlukan agar cat tetap terawat dan mulus. Perawatan body sepeda motor tidak serumit yang dibayangkan karena berikut ini ada cara sederhana dan mudah dilakukan untuk perawatan body sepeda motor Anda tanpa keluar biaya yang banyak:

Cara Merawat Body Sepeda Motor

1. Rutin Melakukan Perawatan Menyeluruh Di Bengkel

Perawatan yang rutin dan menyeluruh untuk sepeda motor Anda setiap bulannya akan membuat kendaraan Anda lebih awet baik mesin maupun body-nya. Body sepeda motor yang rutin dirawat akan lebih terjaga keawetan warna cat-nya.
Agar lebih enak dipandang, Anda dapat melakukan polishing pada sepeda motor agar warna cat pada motor Anda lebih hidup

2. Menghindari Kendaraan Bermotor Anda Terkena Air Hujan Ataupun Air Laut

Agar cat body motor Anda lebih terjaga keawetan-nya, sebisa mungkin hindar sepeda motor terkena air hujan. Perlu diketahui bahwa air hujan mengandung zat asam yang dapat merusak cat pada sepeda motor. Jika air hujan yang mengandung zat asam  itu sering mengenai body motor Anda, dapat dipastikan bahwa warna cat Anda akan terkikis dan memudar. 

Hal preventif yang dapat dilakukan jika saat berkendara tiba tiba hujan turun adalah memakai jas hujan yang berbentuk ponco atau kita sering menyebutnya model “batman“. Jas hujan itu akan melindungi sebagian body motor Anda dari air hujan. 

Selain air hujan, Anda juga harus menghindari body motor Anda terkena air laut. Air laut mengandung garam yang cukup tinggi sehingga jika mengenai body motor Anda, dapat menyebabkan motor mudah berkarat. Jika sudah tidak sengaja terkena air laut, Anda harus segera mencucinya dengan air tawar untuk menghilangkan bekas air laut yang menempel pada motor Anda.

3. Hindari Pemakaian Sabun Saat Mencuci Sepeda Motor

Saat Anda mencuci sepeda motor sebaiknya jangan menggunakan sabun. Terlebih sabun detergen ataupun sabun colek. Sabun jenis ini mengandung butiran kasar yang dapat merusak warna cat motor Anda.
Cat body motor sangat sensitif terhadap goresan benda kasar dari bahan tertentu. Akan lebih baik jika Anda menggunakan shampo khusus sepeda motor agar cat body motor Anda terhindar dari goresan.
Penggunaan shampo khusus sepeda motor juga dapat mengkilapkan warna cat body sepeda motor Anda. Jangan lupa gunakan spons yang halus ataupun lap chamois untuk mengeringkan sepeda motor Anda setelah dicuci.

4. Hindari Parkir Di Tempat Yang Terkena Matahari Langsung

Anda sebaiknya menghindari parkir di bawah sinar matahari langsung. Karena sinar matahari akan membuat debu yang menempel di body kendaraan Anda menjadi sulit dihilangkan. Debu yang terus menempal akan membuat warna cat menjadi kusam.
Tentunya Anda tidak ingin cat motor Anda berubah menjadi kusam dengan cepat. Maka sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan roda dua Anda di tempat yang beratap. Akan lebih baik jika di parkir di dalam ruangan. Jika tidak ada tempat beratap, sebaiknya Anda menutupi sepeda motor Anda dengan cover motor.

5. Hindari Pemakaian Bahan Kimia Yang Terlalu Banyak Untuk Motor Anda

Agar cat tetap terlihat mengkilap Anda sering menggunakan pengkilap motor untuk body motor Anda. Namun, ternyata jika kita mengaplikasikan pengkilap motor terlalu berlebihan akan berakibat buruk bagi cat motor kita.
Cat body motor yang terlalu banyak diberikan pengkilap akan merusak warna cat dasar motor. Karena bagaimanapun juga pengkilap motor tersebut mengandung bahan kimia yang jika digunakan dalam jumlah banyak akan membuat cat body sepeda motor kita rusak. Terlebih dengan pemakaian yang sering.

Demikian beberapa tips untuk merawat cat body sepeda motor kita. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merawat body motor dengan biaya yang hemat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *