11 Kelebihan Pertamax Untuk Sepeda Motor Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada
Kelebihan Pertamax Untuk Sepeda Motor ~ Bahan bakar apa yang Anda pilih untuk kendaraan bermotor Anda? Apakah Premium, Pertalite, ataukah Pertamax? Bagi masyarakat biasa seperti kita pastilah membeli bahan bakar yang ramah di kantong seperti Premium.
Namun pembakaran yang berasal dari premium tidak lebih sempurna dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar Pertalite dan Pertamax. Dan tentunya yang lebih sempurna pembakarannya adalah Pertamax.
Bahan bakar ini memiliki berbagai kelebihan dibandingkan bahan bakar lainnya untuk kendaraan bermotor kita.
Kelebihan pertamax di bandingkan premium dan pertalite

Kelebihan pertamax di bandingkan premium dan pertalite

1. Pembakaran Lebih Baik

Pembakaran bahan bakar jenis pertamax lebih sempurna dari pada bahan bakar jenis lain dibawah-nya. Karena sifat dari pertamax yang lebih sulit terbakar daripada premium, maka pertamax mampu membuat proses pembakaran pada ruang bakar kendaraan menjadi lebih efisien. 

2. Emisi Gas Buang Lebih Baik

Fakta menyebutkan bahwa menggunakan pertamax menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Hal ini bisa terjadi karena penyempurnaan proses pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan Anda. Pembakaran yang lebih sempurna membuat emisi gas buang yang dikeluarkan lebih rendah.

3. Ramah Lingkungan

Pembakaran pertamax yang lebih sempurna dan efisien membuat emisi gas buang lebih rendah. Maka secara otomatis membuat bahan bakar ini menjadi ramah lingkungan karena emisi yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan meminimalisir pencemaran udara di lingkungan sekitar.

4. Bebas Timbal

Pada bahan bakar berjenis pertamax tidak memiliki kandungan berupa timbal dan juga logam mulia. Hal ini membuat pertamax menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan dan juga ramah terhadap mesin kendaraan bermotor Anda.
Tidak adanya timbal yang terkandung dalam bahan bakar pertamax membuat sparepart mesin motor anda seperti busi, klep dan piston menjadi terhindar dari pengendapan. Hal ini dapat membuat mesin kendaraan bermotor Anda lebih bersih. 

5. Penambahan Zat Aditif

Untuk meNingkatkan Research Octane Number atau biasa disingkat RON menjadi 92, pertamax menambahkan beberapa zat aditif yang selain menambahkan RON juga meningkatkan performa dari mesin motor. Tentunya zat-zat ini sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh Pertamina dan memiliki kualitas bahan bakar yang baik.

6. Kualitas Yang Baik

Karena bahan bakar pertamax ini tidak memiliki timbal dan logam-logam lainnya maka secara tidak langsung membuat pertamax sebagai bahan bakar yang memiliki kualitas yang tinggi. 

7. Lebih Irit

Banyak orang yang sudah menggunakan bahan bakar pertamax ini mengaku bahwa motor menjadi lebih irit apabila dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar dibawah-nya atau premium.
Hal tersebut dikarenakan pertamax sulit untuk terbakar sehingga mengurangi kemungkinan bahan bakar menjadi mudah habis sebelum kembali pada posisi TMA yang berujung pada detonasi.
Oleh karena itu dengan menggunakan bahan bakar Pertamax membuat anggaran Anda dalam membeli bahan bakar lebih irit.

8. Perawatan Lebih Mudah

Karena tidak ada timbal dan pembakaran yang lebih sempurna pada bahan bakar pertamax ini membuat perawatan kendaraan bermotor Anda lebih mudah. Dengan bahan bakar Pertamax ruang pembakaran memiliki kadar deposit yang lebih rendah, sehingga tidak perlu sering membersihkan kerak-kerak atau deposit yang menempel pada busi, klep, dan piston.

9. Performa Lebih Baik

Proses pembakaran yang lebih baik dari bahan bakar Pertamax ini serta penambahan zat aditif didalamnya membuat motor memiliki performa yang lebih responsif. Putaran gas juga akan terasa lebih enteng dan beban kerja mesin menjadi lebih ringan. 

10. Sangat Cocok Untuk Motor Injeksi

Dengan menggunakan bahan bakar pertamax ini, maka secara tidak langsung ikut merawat bagian injector yang bertugas menyemprotkan bahan bakar, yaitu nozzle. Bagian ini menjadi tetap bersih dan tidak akan tersumbat.

11. Hemat Biaya

Penggunaan Pertamax memiliki peran dalam menghemat biaya, apalagi untuk biaya perawatan spare part mesin kendaraan. Karena pertamax membuat ruang bakar, busi, klep serta piston pada kendaraan terhindar dari pengendapan yang diakibatkan oleh timbal. Sehingga secara tidak langsung menggunakan pertamax juga membuat mesin bersih dan tidak mudah mengalami kerusakan. 

Demikian uraian mengenai kelebihan bahan bakar Pertamax di bandingkan dengan bahan bakar jenis lainnya. Semoga bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *