Cara Memperbaiki Aki Kering yang Sudah Mati

Diposting pada
Cara memperbaiki Aki kering. Baterai atau yang bisa disebut aki merupakan bagian terpenting dari sistem kelistrikan kendaraan, karena seluruh perangkat elektronik yang ada dalam kendaraan menggunakan aki sebagai sumber tenaga listrik, yang berfungsi menyimpan maupun mengalirkan energi listrik.
Aki sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah adalah aki yang menggunakan cairan elektrolit, cairan ini atau yang biasa disebut air aki akan lebih cepat menguap karena suhu yang panas. Maka pada aki basah di perlukan perawatan berupa pengecekan ketinggian air aki-nya.
Aki kering sebenarnya juga menggunakan cairan aki, namun cairan pada aki kering berbentuk gel dan langsung diisi dari pabrik. Aki kering sendiri adalah pengembangan dari aki basah yang memiliki beberapa keunggulan, di antaranya minimnya perawatan. Namun untuk harga aki kering memang lebih mahal dari pada aki basah. 
Pada aki basah apabila cairan air aki sudah berkurang bisa di tambahkan air aki sendiri dan kembali seperti semula. Tidak seperti aki kering yang tidak bisa di isi ulang. Kebanyakan orang akan membuang aki kering setelah sudah tidak bisa di pakai atau rusak.
Namun ternyata aki kering bisa kita cas ulang menggunakan suatu alat atau kita perbaiki apabila terjadi penurunan kualitas. Kita bisa membeli alat tersebut untuk mengecas aki atau ke tempat jual beli aki lalu mengecas aki di tempat tersebut bila tegangan listrik pada aki berkurang. namun apabila terjadi kerusakan tentu ada suatu cara untuk memperbaikinya.
Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Persiapkan dulu beberapa bahan untuk memperbaiki aki yang sudah tekor. Bahan-bahan tersebut adalah :

1. Air aki (zuur)

Pastikan air aki yang kalian beli untuk mengisi aki baru, bukan untuk menambah cairan aki.

2. Obeng (-) atau pencukit 

Akan digunakan untuk membuka cover bagian atas aki kering.

3. Suntikan tinta printer atau jarum suntik 

Digunakan untuk memasukkan air zuur kedalam box aki. Siapkan kain lap untuk mengelap cairan yang menetes atau tumpah.

Setelah sudah mempersiapkan alat yang akan digunakan, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki aki kering 

  1. Bersihkan aki kering yang akan diperbaiki. Hilangkan debu atau kotoran apapun yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar mudah terkelupas.
  2. Buka penutup bagian atas dengan menggunakan obeng (-) dengan paksa, namun jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup menempel sangat kuat karena dari pabrik sudah di lem dengan kuat.
  3. Setelah berhasil dibuka. Akan terlihat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan biasanya bila aki mempunyai ampere yang besar akan memiliki lebih banyak tutup.
  4. Masukan air zuur ke dalam suntikan yang sudah di persiapkan. Masukan air zuur ke dalam lubang secara hati-hati. Jangan isi hingga penuh, cukup 1 cm dari lubang.
  5. Tutup kembali lubang dan pastikan tidak ada indikasi kebocoran.
  6. Kembalikan penutup bodi pada kedudukan semula. Bila terjadi kelonggaran akibat dibuka paksa maka bisa menggunakan lem tembak untuk melekatkannya.
  7. Aki kering sudah siap digunakan kembali. Caranya adalah charger dengan cara menghubungkan ke motor atau mobil yang sudah menyala, proses seperti ini di sebut jumper, agar aki yang baru diperbaiki mendapat tegangan inject awal sebagai starter. Atau bisa menggunakan trafo cas untuk pengisian lebih cepat.

Dengan menggunakan cara tersebut aki yang sudah soak sudah bisa menyala kembali dan bisa kalian gunakan untuk kendaraan kalian. Demikian cara memperbaiki aki kering.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *