Kiat-kiat Memilih Velg Mobil Modifikasi dan Perawatannya

Diposting pada

Memilih Velg Mobil

Salah satu jenis modifikasi yang sepertinya sudah umum dilakukan oleh pemilik mobil jaman sekarang adalah modifikasi velg mobil. Dengan memodifikasi velg mobil, seakan-akan membuat tampilan mobil tersebut menjadi lebih sporty dengan velg baru.
Namun alangkah baiknya, sebelum memutuskan membeli velg mobil modifikasi, Anda harus memperhatikan beberapa faktor-faktor yang penting.
Layaknya memilih baju, jika ukuran baju tidak sesuai dengan tubuh kita maka kita pasti tidak nyaman ketika memakainya. Sama halnya dengan velg, jika Anda melakukan kesalahan dalam hal perhitungan, maka sudah pasti mobil Anda menjadi tidak nyaman dikemudikan. Sebaiknya jangan terburu-buru nafsu membeli setelah Anda melihat model-model menarik yang ditawarkan.
Memilih Velg Mobil

Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Velg Modifikasi:

Jika Anda memang berencana mengganti velg standart Anda dengan velg model aftermarket, sebaiknya perhatikan faktor-faktor dibawah ini:

1. Material

Biasanya, velg aftermarket bahannya berasal dari logam yang ringan seperti foged alloy, billet steel, atau bisa juga magnesium. Sedangkan velg standart pada umumnya terbuat dari baja.
Jika Anda menginginkan menggunakan velg dari material yang ringan tapi berkualitas, adak kemungkinan bobot mobil keseluruhan bisa berkurang tanpa mengecualikan daya tahan dari velg itu sendiri.
Beban kerja pun menjadi berkurang dengan ditunjang kaki-kaki yang lebih ringan juga. Scara otomatis, hal ini bisa mengurangi penggunaan bahan bakar yang belebih.

2. Spesifikasi

Ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) pada setiap mobil berbeda-beda. Ukuran PCD velg biasanya sudah ditetapkan berdasarkan jarak lubang baut yang satu dengan yang lain. Ukuran ini dapat Anda lihat pada spesifikasi yang sudah tertera di velg.
Ukuran dan diameter velg juga harus Anda perhitungkan. Sebaiknya untuk peningkatan ukuran velg harus tetap berdasar pada ukuran maksimal, baik untuk digunakan mengukur diameter dan lebar velg modifikasi yang akan Anda pilih.

3. Model

Model velg sangat berperan penting dalam mempengaruhi tampilan, keanggunan dan gaya mobil Anda. Akan tetapi, yang harus tetap Anda ingat adalah sebaiknya sesuaikan dengan selera, kebutuhan dan budget.
Saat ini di pasaran, ada bermacam-macam pilihan model. Ada yang one piece atau berbentuk satu bagian, ada juga yang three pieces atau tiga bagian.
Velg model one piece, karena modelnya berbentuk seperti utuh, biasanya akan lebih tahan lama. Akan tetapi model one piece ini biasanya juga mempunyai bobot yang lebih berat dan piluhan motifnya terbatas.
Velg model three pieces dianggap lebih unggul di bagian komponen pengganti. Jika ssalah satu velg terdapat kerusakan, Anda tidak perlu mengganti semua roda, Anda hanya perlu mengganti dengan velg yang baru lagi. Dan juga velg model three pieces ini bobotnya sangatlah ringan.

Perawatan Velg

Agar velg modifikasi Anda awet, ada beberapa tips perawatan velg yang bisa Anda terapkan, diantaranya:

1. Tekanan Udara

Jaga tekanan udara pada ban agar kerusakan pada velg terhadap benturan dengan lubang atau batu di jalan bisa diminimalisir.

2. Gunakan Alat yang Cocok

Gunakan peralatan yang memang cocok untuk membuka ban saat akan mengganti velg, karena jenis logam pada velg merupakan aluminium yang gampang tergores.

3. Velg Standar dan Ukuran Ban

Jangan menggunakan ban yang diameter velgnya melebihi diameter standarnya. Karea jika melebihi ukuran standar, maka manuver ban dapat terganggu dan keseimbangan roda juga berkurang. Sebaiknya tetap perhatikan azas kelayakan pakai jika Anda ingin mengganti velg standar dengan velg modifikasi.

4. Hindari lubang

Jangan terlalu sering melintasi lubang di jalan, hal ini akan merusak ban luar dan juga keutuhan velg.

5. Hindari offroad

Sebaiknya Anda juga harus menghindari jalanan yang offroad, sama seperti halnya Anda harus menghindari lubang.

6. Rem

Pilihlah kaki-kaki depan yang velgnya menggunakan cakram. Karena jika Anda memilih motor dengan rem drum, jika drumnya aus Anda juga harus mengganti velgnya.

7. Bersihkan Velg

Anda harus rajin-rajin membersihkan velg jika Anda ingin velg modifikasi Anda awet, terutama setelah velg terkena air hujan agar terhindar dari karat.
Demikian kiat-kiat memilih veg modifikasi beserta tips perawatannya. Semoga membantu.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *