3 Jenis Cat Terbaik Untuk Mobil Serta Cara Merawatnya Agar Awet Dan Tahan Lama

Diposting pada

Cat Terbaik Untuk Mobil

Untuk mengecat mobil, ada banyak sekali jenis cat yang bisa digunakan. Merk-nya pun juga bermacam-macam. Dan masing-masing dari jenis-jenis cat tersebut pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Dan untuk pemilihan-nya, balik lagi ke selera masing-masing, tergantung selera dan budget pastinya. Lalu apa cat terbaik untuk mobil?
Ada jenis cat yang pengaplikasiannya mudah, ada juga yang sulit. Ada juga cat yang bahannya bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda dan untuk penggunaannya memerlukan peralatan yang khusus. Maka dari itu, Anda harus mengetahui dan memahami lebih dalam lagi tentang jenis cat beserta keuntungan dan kerugian-nya.
Cat Terbaik Untuk Mobil
Selain menentukan jenis cat, merawatnya agar awet dan tahan lama pun juga tidak mudah. Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai 3 jenis cat yang sering digunakan untuk mengecat mobil beserta perawatan-nya. Simak baik-baik.

3 Jenis Cat yang Sering Digunakan untuk Mengecat Mobil

Penjelasan mengenai 3 jenis cat apa saja yang sering digunakan untuk mengecat mobil beserta kelebihan dan kekurangannya dapat Anda baca di bawah ini:

1. Jenis Cat Acrylic

Jenis cat acrylic merupakan jenis cat yang terbuat dari plastik yang berbasis plietilen dan akan mengeras jika sudah kering.
  • Keuntungan: Penggunaan cat acrylic terbilang sangat mudah. Efek mengkilap yang ditimbulkan pun sangat bagus.
  • Kekurangan: Akan cepat pudar jika terkena sinar matahari secara terus-menerus, atau bahan kimia yang lainnya. Sifatnya yang cepat mengering juga menuntut Anda untuk bekerja secara cepat.

2. Jenis Cat Metalic

Cat metalic adalah cat yang mengandung partikel seng/zinc yang akan menghasilkan campuran warna silver.

  • Keuntungan: Dapat menjadikan mobil Anda terlihat eye-catching, gagah, sporty dan elegan. Bisa juga meningkatkan nilai jual mobil Anda. Sangat ampuh menyembunyikan goresan.
  • Kekurangan: Selain efektif menyembunyikan goresan, ternyata cat jenis ini juga bisa mempersulit jika ada kerusakan yang harus diperbaiki. Varian warnanya juga tidak banyak.

3. Jenis Cat Urethane

Merupakan jenis cat yang bahan cat-nya berkualitas tinggi, tapi harganya terjangkau.

  • Keuntungan: Hasil dari lapisan filmnya sangat keras, kuat, tahan air panas dan beberapa bahan kimia. Cat jenis ini juga memiliki daya kilat dan daya tutup yang tinggi.
  • Kekurangan: Bisa mengakibatkan dampak yang tidak menyehatkan bagi para pekerja yang mengaplikasikan cat jenis ini ke mobil. Sehingga harus menggunakan pakaian khusus pelindung respirator beserta kacamata dan pompa udara.

Bagaimana Caranya Merawat Cat Mobil Agar Lebih Awet?

Ketika Anda lalai menjaga cat mobil, ada kemungkinan cat mobil Anda kusam, kena beret, tergores dan masih banyak lainnya. Untuk hal ini, tak jarang juga Anda harus membayar mahal biaya perbaikan cat-nya.

Untuk menghindari pengeluaran biaya yang mahal hanya untuk menjaga cat mobil Anda, terapkan tips-tips di bawah ini:

1. Sinar Matahari

Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung. Saat memarkirkan mobil pun hendaknya pilihlah tempat yang teduh. Jika Anda terpaksa memarkirkan mobil di tempat yang terkena paparan sinar matahari, gunakan sarung mobil untuk menutupi.

2. Pencuci Khusus

Pakailah pencuci yang memang khusus untuk mobil. Jangan sekali-kali menggunakan deterjen, sabun cuci piring atau yang sejenisnya.

3. Kain Lap

Gunakan jenis kanibo atau chamois untuk mengelap sisi luar mobil Anda. Pastikan sebelum menggunakannya, kain tersebut harus bersih sehingga tidak meninggalkan noda di mobil nantinya.

4. Mencuci Mobil

Mencuci mobil hendaknya lakukan hanya pada pagi atau sore hari, jangan siang hari. Lakukan penyucian secara teratur. Jangan mencuci mobil ketika turun hujan, karena kandungan asam yang terdapat pada air hujan bias memudarkan warna cat mobil.

5. Parkir Kendaraan pada Malam Hari

Sebaiknya jauhkan dan hindari untuk memarkirkan mobil Anda pada malam hari di tempat yang terbuka. Karena air embun bisa memudarkan cat dan mengurangi ketahanan bodi mobil Anda. Tetap gunakanlah sarung mobil meskipun pada malam hari.
Demikian beberapa jenis cat mobil yang sering digunakan beserta tips-tips perawatannya. Semoga membantu.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *