10 Cara Merawat Mobil Yang Benar Agar Selalu Tampil Prima

Diposting pada
Bagaiman merwat mobil yang baik ? Menerapkan cara merawat mobil sebaik mungkin merupakan upaya paling tepat untuk membuat kendaraan lebih awet dan memiliki nilai jual yang tinggi. Walaupun pada dasarnya mobil tetap akan mengalami kerusakan, karena memang tiap suku cadang ada batas umurnya,  tetapi dengan melakukan perawatan maksimal bisa membuat mobil kita selalu prima tanpa takut rewel saat di pakai jalan.
Sebagai referensi bagi Anda yang ingin menjaga kondisi mobil kesayangan tetap awet dan terlihat, berikut akan kami sajikan beberapa tips-triknya.
Tips Merawat Mobil

Tips Merawat Mobil Yang Baik

1. Tidak Memaksakan Starter

Salah satu cara untuk merawat mobil agar selalu dalam keadaan awet adalah dengan tidak memaksakan starter. Ketika mobil dalam keadaan dingin atau tidak digunakan dalam waktu lebih dari 24 jam, sebaiknya Anda diamkan minimal 30 detik sebelum menjalankannya.
Hal tersebut berguna untuk memberikan kesempatan oli menyebar ke seluruh bagian mesin. Sebab, saat mobil tidak digunakan, oli akan kembali ke dalam wadahnya. Dan dalam waktu 1 hingga 2 detik saja, oli mampu menyebar hingga ke seluruh bagian mesin.
Walaupun waktu yang dibutuhkan sangat singkat, tetapi alangkah baiknya jika Anda memberikan lebih banyak waktu sebelum benar-benar menginjak gas.

2. Melakukan Servise secara Rutin

Menjaga mesin mobil tetap awet, tentu harus dilakukan tindakan service secara berkala. Bagi Anda yang sudah berpengalaman ataupun yang baru memiliki mobil, sebaiknya tetap membaca pedoman dari pabrik untuk melihat jadwal servise yang ditentukan.
Sebagian besar dealer akan memberikan arahan kepada Anda untuk melakukan jadwal servise secara rutin. Namun, sumber informasi yang paling tepat adalah dengan melihat jadwal yang telah ditentukan dalam buku panduan dari pabrik mobil tersebut.
Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Sehingga Anda semakin mudah mendapatkan kendaraan yang dapat memonitor secara langsung mengenai jadwal servise mobil.

3. Melakukan Penggantian Oli

Hal paling mendasar yang berperan penting untuk menjaga keawetan mobil adalah penggantian oli. Jadwal ganti oli yang tercantum dalam buku panduan pabrik adalah sebagai berikut :
  • Oli mesin sintetis : tiap 6.000 mil atau setara 9.600 km.
  • Oli mesin konvensional : tiap 4.000 mil atau setara 6.400 km.

4. Memeriksa Tekanan Ban

Selain beberapa tips di atas, langkah selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah dengan melihat tekanan pada ban, apakah sudah sesuai standar idealnya ataukah belum.

Sama halnya dengan jadwal servise mobil, Anda dapat melihat standar tekanan ban serta jadwal pemeriksaannya dalam buku panduan pabrik. Walaupun secara teori Anda harus melakukannya setiap minggu, tetapi pemeriksaan tekanan ban dalam kurun waktu 1 bulan juga tidak menimbulkan masalah.

5. Mengecek Bagian Lampu

Mobil tanpa adanya penerangan yang baik akan meningkatkan resiko bagi pengendara. Tidak hanya lampu depan dan belakang yang akan sangat berguna sebagai penerangan saat malam hari, lampu sein juga harus terjaga kondisinya karena bagian tersebut menjadi bagian yang paling penting untuk keselamatan.

Sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan sehingga adanya kerusakan pada bagian-bagian mobil, seperti lampu, dapat segera diatasi.

6. Lakukan Tune-Up

Tindakan yang satu ini sangat efektif untuk menjaga busi dalam keadaan baik. Sebab, busi yang kotor dapat dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar bisa lebih boros hingga 30%.

7. Menganti Wiper

Hal sepele yang seringkali dilupakan adalah bagian wiper. Untuk menjaga bodi mobil tetap cantik, Anda harus melakukan penggantian pada wiper sekitar 1 tahun sekali. Atau Anda dapat mulai melakukannya ketika wiper terlihat meninggalkan goseran pada bagian kaca mobil.

8. Pastikan Komponen Listrik dan Aki Bebas Kotoran

Demi menjaga kelancaran dari kinerja mesin adalah dengan selalu melakukan pengecekan pada tiap-tiap komponen listrik, termasuk aki, untuk memastikan tidak adanya kotoran yang menghambat proses kerjanya.

9. Menjaga Kebersihan

Langkah ini mungkin sudah menjadi hal wajar yang telah diketahui oleh sebagian besar pemilik mobil. Selain menjaga bagian-bagian interior dan eksterior, ada beberapa sisi dari mobi yang seringkali diabaikan sehingga dapat menimbulkan karat.

Bagian-bagian tersebut adalah spatbor, di bawah pintu, serta kap mesin yang berdekatan dengan bagian kaca depan. Jika bagian-bagian tersebut tersumbat atau kotor, maka air akan mudah menggenang dan menjadi pemicu utama terjadinya karat pada mobil.

10. Sistem Penyaringan Udara Kabin

Poin terakhir yang juga harus Anda lakukan untuk menjaga mobil tetap awet adalah mengecek pada bagian penyaringan udara. Kondisi penyaringan kabin yang selalu dalam keadaan bersih akan mempengaruhi kualitas udara yang dihirup oleh pengendara.

Demikian 10 cara merawat mobil dengan baik yang dapat kami sampaikan. Selain merawat kualitas mesin mobil, Anda juga tetap harus menjaga bagian-bagian eksterior tetap bersih sehingga mobilpun selalu terlihat baru dan terawat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *