Tips agar motor tetap berperforma bandel

Diposting pada

Agar Motor Tetap Berperforma


Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh hampir sebagian besar masyarakat kita. Mulai dari pergi mengantar anak sekolah, kerja, dan lain sebagainya kita menggunakan sepeda motor ini. Selain lincah sepeda motor banyak dipilih karena harga beli-nya yang bisa di jangkau dan juga irit bahan bakar-nya.
Sebagai kendaraan yang multi fungsi dan selalu kita andalkan tiap harinya, maka sudah seharusnya jika kita merawat agar performa-nya bisa selalu prima. Semakin sering kita gunakan tentunya berangsur- angsur ketahanan spare-part-nya berkurang juga.
Tiap spare part mempunyai masa atau umur pakai, jadi sudah seharusnya kita selalu cek secara berkala. Selain spare part, sistem pelumasan kendaraan Anda juga harus di cek secara berkala, sebab jika sampai pelumas atau oli-nya habis, maka akibatnya bisa fatal.
Jika ingin lebih detail mengetahui lebih detail mengenai cara merawat, dan menjaga agar performa kendaraan anda, (dalam hal ini motor) tetap prima, silahkan baca informasi selengkapnya di bawah ini.
Tips terbaik merawat motor agar perfoma-nya bandel dan selalu prima

Ganti oli secara berkala 

Mengganti oli secara berkala sangat penting untuk menjaga performa mesin. Pelumas di butuhkan oleh mesin yang akan membuat mesin tetap bandel. Gantilah oli 1-2 bulan sekali atau disesuaikan dengan pemakaian. Mengganti oli sesering mungkin sangat dianjurkan agar performa motor tetap terjaga.

Panasi mesin secara rutin

Sebelum motor digunakan ada baiknya mesin dipanaskan terlebih dahulu sekitar 10-15 menit. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari mesin yang masih belum panas dan sudah harus dipaksa untuk bekerja ekstra keras.
Apabila mesin kendaraan Anda tidak dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan tentu akan membuat mesin cepat panas dan performa mesin menjadi berkurang. Hal ini berlaku walaupun Anda tidak sedang akan menggunakan kendaraan.

Mesin perlu waktu beradaptasi

Menggunakan motor yang jarang dipakai setelah sekian lama, kemudian langsung digunakan melakukan perjalanan jauh, terlebih membawa muatan yang berat, adalah bukan pilihan yang bijak, dan sangat tidak dianjurkan. Selain membuat mesin terkejut dan berakibat buruk pada beberapa komponen di dalam mesin, juga akan berakibat menjadikan konsumsi bahan bakar yang sangat boros.
Tingkatkanlah kemampuan mesin Anda dalam berkendara secara perlahan. Mulailah dengan menggunakan kendaraan Anda dalam waktu sekitar 1-2 jam saja di hari pertama, atau paling tidak di istirahatkan selama beberapa jam dulu, kemudian di pakai lagi. Selanjutnya keesokan harinya bisa lebih ditingkatkan jika Anda ingin lebih sering menggunakannya.

Busi

Untuk menjaga kinerja motor dalam keadaan maksimal, busi sangat berpengaruh. Jangan luputkan perhatian terhadap busi karena apabila elektroda busi menipis maka tentunya kinerja pengapian-nya kurang maksimal.
Oleh sebab itu busi merupakan komponen yang sangat penting, karena kinerja busi ditentukan seberapa tebal elektroda yang dimilikinya. Sebaiknya ganti busi secara berkala antara 8000-10000 km.

Filter udara

Komponen selanjutnya yang mempengaruhi kehandalan motor adalah filter udara, selalu pastikan bahwa filter udara dalam keadaan bersih.
Sebaiknya ganti filter udara setiap 16000 kilometer. Kalo keadaan fisiknya masih baik dan bersih berarti belum perlu untuk diganti.
Fungsi penggantian filter udara adalah untuk memaksimalkan penyaringan, karena debu-debu halus nggak ketahuan, karena debu yang tidak tersaring dengan baik dapat menyebabkan terganggunya ruang pembakaran yang menyebabkan menurunnya performa mesin.

Cara mengemudi

Perilaku berkendara Anda bisa mempengaruhi performa motor , jangan terlalu sering secara mendadak langsung menancap gas atau bahasa yang populer langsung ditarik spontan dan tiba-tiba melakukan pengereman secara mendadak, karena ini bisa mempengaruhi kenerja transmisi motor anda.

Tangki bahan bakar penuh

Usahakan tangki bahan bakar selalu penuh karena jika tangki sering kosong bisa menyebabkan korosi, yang nantinya akan mempengaruhi kualitas bahan bakar atau bahkan bisa menyebabkan tersumbat-nya saluran bahan bakar.
Motor Anda membutuhkan perhatian dan perawatan khusus, walaupun terkadang harus merogoh kantong yang dalam, namun sebanding dengan performa mesin motor Anda agar tetap awet dan bandel sehingga mudah untuk digunakan dan tidak menyusahakan anda.
Demikian beberapa tips agar motor tetap berperforma bandel, semoga tulisan di atas berguna dan bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *