Pulihkan Stamina Mobil Dengan Cara – Cara Berikut Ini (Terbaru Dan Terlengkap)

Diposting pada

Memulihkan Stamina Mobil

Seperti halnya manusia, mobil juga perlu dijaga staminanya dan dirawat onderdil-onderdilnya seusai menempuh perjalanan yang cukup jauh. Jika mobil dipaksa untuk melakukan perjalanan lagi setelah digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh, bisa jadi mobil Anda nantinya malah rusak karena mesinnya dipaksa bekerja secara terus-terusan. Bagaimana  cara memulihkan stamina mobil ?
Mengenai bagian-bagian mobilnya, setelah digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh, bisa jadi mengalami penurunan kondisi. Untuk menanganinya memelukan perlakuan yang khusus. Beberapa bagiannya mungkin juga perlu diperbaiki atau bahkan diganti, supaya mobil bisa dinaiki kembali dengan nyaman dan pastinya aman.
Memulihkan Stamina Mobil

Langkah-langkah Memulihkan Stamina Mobil

Dibawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai langkah-langkah tepat dalam mengembalikan stamina mobil beserta perawatan bagian-bagian mobil apa saja yang harus Anda ketahui. Berikut ulasannya:
  1. Sebagai langkah awal yang harus Anda ambil, adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel kepercayaan Anda, dengan terlebih dahulu memeriksa keselarasan kaki-kaki mobil. Menyelaraskan kaki-kaki mobil bisa menggunakan teknik balancing, spooring, dan wheel alignment jika memang benar-benar dibutuhkan. Hal ini juga bertujuan agar kedudukan roda bisa sama dengan spesifikasi dan juga tipe mobil, beserta cek putaran dan getaran yang diakibatkan dari perputara nroda.
  2. Periksa juga kondisi ban mobil Anda. Jika Anda mendapati pada permukaan ban tidak rata lagi, ada 2 kemungkinan. Yang pertama tekanan dalam ban berkurang. Dan yang kedua berarti kinerja suspensi ban Anda berkurang.
  3. Setelah tahap-tahap diatas terlampaui, cucilah mobil Anda. Mencuci mobil diwajibkan karena mobil pasti kotor setelah dipakai untuk bepergian jauh.

Selain itu, guna mendapatkan mobil yang bagus dan berstamina, sangat disarankan melakukan hal hal di bawah ini.

a. Pelat Kopling

Jika pelat kopling tidak bisa berfungsi sama sekali, maka Anda tidak bisa lagi mengendalikan laju maju mobil maupun laju mundur mobil, atau menambah dan mengurangi percepatannya. Pelat kopling bisa juga mengalami aus seiring dengan lamanya pemakaian. Bisa juga karena pemakaian yang terus-menerus dan penggunaannya yang tidak sesuai aturan.
Untuk memastikan koling masih dalam kondisi bagus atau tidak, Anda harus memasukkan transmisi ke gigi 2 atau 3 ketika mesin mobil menyala, kemudian lepas pedal koplingnya pelan-pelan.

Jika mesinnya langsung mati, berarti kondisi kopling masih bagur. Sedangkan jika mesin masih hidup berarti ada slip pada kanvas koplingnya, dan harus diperbaiki atau diganti.

b. Rem

Anda harus melakukan pengujian terhadap seluruh peranti pengereman mulai dari rem belakang, rem depan, sampai rem parkir. Bila rem terasa kurang pakem, Anda diwajibkan mengganti mintak rem atau kanvas rem. Hal ini ditujukan untuk menunjang keselamatan dan keamanan pengendara.

c. Oli dan Filter

Pastikanlah jumlah oli sesuai dengan batas bawah yang ada pada tongkat indikator mesin. Colek cairan oli pada jari tangan Anda dan gesek-gesekkan. Jika cairan oli pekat atau terdapat butiran, segeralah ganti oli Anda.
Jika oli Anda bersih dan kualitasnya bagus, maka akan mendukung fungsi filter bekerja secara optimal tanpa gangguan dan sebaliknya.

d. Cairan Radiator

Buka tutup radiator, dan periksa isinya. Segera tambahkan isi cairan jika Anda mendapati isi cairan telah berkurang. Fungsi radiator akan bisa lebih optimal jika radiator tidak kekurangan cairan.
Fungsi radiator sendiri adalah sebagai pendingin mesin yang panas ketika mobil digunakan menempuh perjalanan yang cukup jauh.

e. Busi dan Saringan Udara

Segera periksa busi mobil Anda setelah melakukan perjalanan jauh. Ini penting agar kinerja mesin bisa optimal. Jika busi dan saringan udara hanya kotor saja, maka Anda cukup membersihkannya. Tapi jika sepertinya sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

f. Bodi dan Kabin

Kotoran yang telah menempel pada kolong maupun bodi mobil bisa jadi memicu terjadinya karat selain menjadi penyebab gangguan tampilan mobil. Anda bisa membawanya ke tukang cuci mobil jika Anda sendiri kurang yakin bisa membersihkannya secara bersih.
Semoga informasi yang saya berikan terkait memulihkan stamina mobil beserta perawatan beberapa bagian penting yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *