Ini Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Tiba-Tiba Mogok Di Jalan

Diposting pada

Menangani Mobil Mogok Tiba-tiba di Jalan

Mobil Anda pernah secara tiba-tiba mogok di tengah jalan? Jika Anda paham mengenai permesinan, mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena Anda bisa membetulkan-nya sendiri selama masih bisa diatasi. Akan tetapi, mungkin hal tersebut sangat mengerikan bagi Anda yang tidak paham mesin sama sekali. Bagaimana cara menangani mobil mogok secara tiba-tiba di jalan?
Jangan panik, artikel saya kali ini akan membahas bagaimana seharusnya menghadapi mobil yang tiba-tiba mogok. Karena pemahaman tentang lokasi terjadinya mogok dan pemahaman Anda tentang teknik otomotif akan menentukan sikap Anda dalam menghadapi keadaan yang seperti ini.
Menangani Mobil Mogok
Berikut ini tips penanganan mobil mogok secara tiba-tiba, bahkan tanpa menuntut pengendara paham secara mendalam tentang teknik memperbaiki.

Langkah- Langkah Tepat Dalam Menangani Mobil Mogok

1. Parkir Mobil

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mendapati mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan adalah parkirlah mobil Anda ke tepi jalan atau ke area parkir terdekat. Anda bisa memanfaatkan bantuan orang-orang di sekitar Anda untuk mendorong mobil Anda sampai Anda menemukan tempat aman untuk parkir.

2. Lampu Indikator

Setelah Anda selesai memarkirkan mobil Anda ke tepi jalan atau ke tempat parkir, Anda bisa melihat kondisi mobil dengan mengecek lampu indikator yang berada di panel instrumen. Karena melalui indikator ini, Anda dapat memperoleh petunjuk tentang permasalahan yang mobil Anda hadapi.

3. Radiator

Jangan tergesa-gesa membuka tutup radiator mobil Anda ketika temperatur mesin mobil sedang tinggi (overheat). Hal ini bisa membahayakan, bahkan menyebabkan Anda luka jika Anda sampai terkena air semburan radiator yang panas.
Sebaiknya tunggu sekitar 20-30 menit sampai sekiranya suhu turun, kemudian buka tutup radiator pelan-pelan dengan menggunakan lap. Jika volume radiator berkurang, Anda bisa menambahkan air dan cobalah untuk menghidupkan mesin-nya.

4. Derek

Segera derek mobil Anda jika Anda mendapati cukup banyak gelembung-gelembung udara di dalam air radiator. Jangan memaksa mobil Anda untuk tetap berjalan karena gelembung udara yang cukup banyak tadi menandakan bahwa cylinder head mobil melengkung, dan secepatnya harus turun mesin.

5. Penyuplai Daya

Apabila mesin tidak over heat dan temperatur normal, Anda bisa melanjutkan dengan pemeriksaan penyuplai daya, yang komponennya terdiri dari konverter tegangan tinggi dan aki. Jika mesin susah hidup, berarti terdapat masalah pada aki dan konverter.
Konverter jarang bermasalah, jika ada mungkin hanya kabel yang putus atau tidak tersambung. Untuk aki, biasanya masalah yang sering ditimbulkan adalah kurangnya setrum (tekor). Anda bisa melepas dan men-charger-nya untuk mengatasinya.
Selain tekor, masalah pada aki yang sering ditimbulkan adalah sambungan aki yang kendur atau berkorosi. Anda cuku mengencangkan baut jika mengalami kekenduran, dan membersihkan aki yang berkorosi.

6. Komponen Pengapian

Pada dasarnya komponen pengapian terdiri dari CDI, distributor, dan busi. Anda bisa memeriksa secara keseluruhan dengan cara mencabut satu kabel busi, lau pasang busi cadangan pada ujung kabel busi, kemudian tempel body busi pada mesin.
Setelah itu coba hidupkan mesin. Jika terdapat percikan pertanda bahwa kondisi pengapian baik-baik saja, dan sebaliknya.

7. Sekring

Sekring merupakan komponen penting dalam mobil yang sering dilupakan. Anda harus memeriksa semua sekring dalam box sekring. Kemudian pastikan semua sekring terutama sekring yang untuk EFI dan Ignition tidak meleleh atau putus. Jika terpaksa putus, Anda hanya perlu menggantinya kemudian mobil biasanya bisa langsung nyala.

8. Karburator

Bagi mobil yang sampai saat ini masih menggunakan pompa bensin dan karburator, masalah yang biasanya ditimbulkan karburator adalah kekurangan atau kebanyakan bensin. Jika kelebihan atau kekurangan bensin, mesin mobil Anda tidak akan bisa hidup.

9. Switcher Starter

Penggunaan yang paling sering dalam suatu komponen dari mobil adalah switcher starter. Kerusakan yang umum terjadi adalah logam kontraktor positif negatif yang aus atau-pun kabel yang renggang.
Jika tiba-tiba mobil Anda mogok di jalan dan dalam suasana yang sepi serta jauh dari keramaian orang, Anda bisa menyambung kabel positif dan negatif starter dengan menggunakan kawat kecil yang tajam atau peniti.
Demikian tips yang bisa saya infokan cara menangani mobil mogok di jalan secara tiba-tiba. Semoga membantu.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *