Ini Akibatnya Bila Telat Ganti Oli Motor

Diposting pada

Akibat Telat Ganti Oli Motor


Motor sudah sepantasnya mendapatkan perawatan yang rutin dan serius. Kinerja mesin akan lancar dan maksimal apabila kualitas oli mesin masih dalam kondisi baik. Merawat mesin kendaraan memang sebenarnya mudah, akan tetapi fakta-nya masih banyak yang lalai untuk service atau-pun ganti oli secara rutin. Lalu apa akibat telat ganti oli ?
Terlambat mengganti oli, akibatnya akan sangat berbahaya terhadap performa mesin. Karena fungsi dari oli mesin adalah sebagai pelumas mesin untuk mengurangi gesekan antar komponen dan sebagai pendingin mesin. Dengan adanya oli, kendaraan akan sangat lancar dan nyaman digunakan.
akibat telat ganti oli

Berikut ini merupakan beberapa akibat telat ganti oli :

1. Mesin Menjadi Kasar

 Saat oli telat diganti, biasanya tanda yang jelas terlihat adalah mesin terasa lebih kasar dari biasanya. Kalau oli masih bagus dan volume-nya masih belum berkurang, kondisi mesin akan enak diajak jalan dan suaranya halus. Getaran keras pada mesin ini karena volume oli mesin yang sudah jauh berkurang atau bahkan habis.

2. Overheating atau Mesin Kepanasan

Salah satu fungsi oli pada mesin adalah sebagai pendingin mesin. Ketika kondisi oli sudah dalam keadaan jelek dan volume-nya berkurang karena telat diganti, maka oli tidak dapat mendinginkan mesin dengan sempurna, proses pendinginan mesin jadi semakin lambat.

Dengan kondisi tersebut mesin akan menjadi panas. Apabila dibiarkan seperti ini maka lama kelamaan komponen mesin menjadi rusak. Salah satu contoh kerusakan yang terjadi adalah head silinder akan melengkung dan jika sudah begini kepala silinder harus diganti.

3. Boros BBM

Jika kita terlambat mengganti oli, salah satu resiko-nya adalah konsumsi bahan bakarmenjadi sangat boros. Alasannya karena ketika mesin menyala maka akan terjadi gesekan antar komponen mesin.

Ketika oli mesin lama tidak diganti, maka gesekan antar komponen mesin tersebut akan makin kasar dan keras. Akibatnya, tarikan mesin jadi lebih berat dan kondisi ini membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar, makanya jadi lebih boros bbm.

4. Menurunnya Kinerja Mesin

Salah satu resiko berikutnya adalah performa mesin akan menjadi jauh lebih berkurang. Karena fungsi oli pada mesin sangatlah vital, maka ketika kondisi oli sudah tidak bagus atau bahkan berkurang, maka secara otomatis performa mesin pun akan menurun.

5. Usia Mesin Menjadi Pendek

Apabila oli mesin secara rutin diganti maka usia pakai mesin akan jauh lebih lama dibandingkan dengan mesin yang oli-nya tidak pernah diganti atau sering terlambat diganti. Karena usia pakai mesin ini sangat erat kaitannya dengan kondisi oli.

6. Seker Ngancing

Selanjutnya yang bisa terjadi saat kita telat ganti oli adalah seker ngancing. Ini sangat berbahaya bagi sang pengendara. Apabila dipakai jalan dan seker ngancing dengan tiba-tiba maka kendaraan akan berhenti seketika dan macet.

7. Rusaknya Komponen Mesin

Pada mesin motor akan terjadi kerusakan komponen yang menyebabkan harus dilakukannya penggantian komponen dengan yang baru, tentu ini akan memakan biaya yang lumayan. Misalnya saja, terjadi kerusakan pada seker. Contoh kerusakan : biasanya banyak terjadi pada bantalan dinding silinder, poros engkol dan sebagainya.

8. Harus Turun Mesin

Resiko terakhir  yang harus ditebus ketika sering telat mengganti oli adalah turun mesin. Kalau sudah terlalu sering terjadi masalah pada mesin, maka kerusakan  akan menjalar ke komponen-komponen mesin lainnya. Dan untuk memulihkan mesin menjadi sehat dan bagus, maka diperlukan adanya penggantian komponen dengan yang baru.

Satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah dengan turun mesin. Proses ini akan memakan biaya yang cukup besar dan pengerjaannya menghabiskan waktu lama. Jika mesin kendaraan Anda tidak ingin seperti ini, maka sebaiknya Anda harus memperhatikan kondisi oli mesin kendaraan Anda secara berkala.

Mungkin itulah beberapa akibat buruk saat kita akibat telat ganti oli. Intinya adalah, sayangilah kendaraan anda. Jangan hanya memakai saja tanpa pernah mau merawat. Service ringan cukuplah cepat dan tidak keluar banyak biaya dan ganti oli masuk dalam kategori service rutin dan ringan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.
loading...

5 thoughts on “Ini Akibatnya Bila Telat Ganti Oli Motor

  1. bos mau nanya saya punya sepeda motor metic mio sportic kemaren telat ganti oli karna lupa sampai 2 bulan bahkan sampai oli tinggal sedikit dan setelah saya ganti eh malah sepeda ber asap putih tipi kadang keluar banyak kadang sedikit kadang tidak keluar,.. minta bantuanya kira kira apanya yang risak y pak.

  2. Motor berasap yang patut dicurigai adalah:
    1. Bagian filter udara, filter yang kotor akan mengakibatkan tidak seimbangnya pencampuran antara bahan bakar dan udara.
    2. Bagian sistem bahan bakar
    a. Valve choke butterfly tidak membuka penuh,
    b. Karburator banjir,
    c. Kualitas oli yang tidak bagus,
    d. Choke otomatis rusak,
    e. Pengoperasian choke yang tidak tepat,
    f. Jarum aus,
    g. Diafragma menempel,
    h. Sistem manajemen mesin rusak,
    i. Sensor oksigen rusak,
    h.Injektor bahan bakar rusak.
    3. Masalah lain
    a. Ring, piston, seal untuk rotor, valve, aus atau rusak
    b. Inlet manifold brake -booster rusak,
    c. Inlet manifold diafragma vakum transmisi otomatis rusak
    4. Katup ventilasi box mesin rusak
    Karena historinya pernah telat oli kemungkinan besar ring piston sudah mulai ada gap/celah.

  3. Min gue mw nanya … gue punya motor awal mogok gue cek busi sm karbu kotor gue bwa ke bngkel ganti busi sm tune-up karbu… stelah itu motor nyala normal tp bsk hari na malah motor tiap narik gas ngeplos ga bisa narik gas bisanya gas tetap di kcptan 20km/jam lalu lama klamaan mogok lg…gue mskin ke bngkel lg.. kata org bngkel karbunya lg krn ada airnya pdahal cma kena ujan grimis kecil doang dan filter motor msh terpasang…lau motor kondisi normal tp slanjutny mogok lg … kira" yg bermasalah apa yaa min tlong bantuan na dong… sebelomnya makasih min

  4. Min saya maunnya ada motor scoopy teman saya pakai pertama nya bagus aj pas saya bawa jalan ,nah tiba tiba motor melmbat tiba tiba dan mati, nah saya starter tangan tdk bisa dan starter kaki keras sekali . Kira kira apa kendala motor itu ya gan .. apa bnar terkancing?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *