Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Kemudi Mobil, Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Mengatasi Gangguan Kemudi Mobil

Kenyamanan dalam berkendara akan terganggu jika ada kendala pada sistem kemudinya. Gangguan-gangguan pada kemudi mobil tersebut jika Anda biarkan akan semakin parah dan ujung-ujungnya Anda harus membawanya ke bengkel. Dan pastinya butuh biaya yang tidak murah. bagaimana mengatasi gangguan kemudi mobil?
Untuk itu sebaiknya lakukan tindakan perawatan yang tepat, dan juga bisa mendeteksi lebih dini gejala-gejala awal munculnya keluhan pada sistem kemudi sebelum terlambat dan mengalami kerusakan yang parah.
Mengatasi Gangguan Kemudi Mobil
Dan berikut adalah beberapa gangguan yang biasa terjadi pada sistem kemudi mobil beserta cara/tips mengatasinya yang dapat kami sampaikan. Silahkan disimak 

Gangguan-gangguan pada Kemudi

  1. Tali kipas (V-belt) yang sudh kendur, atau biasanya kehabisan oli pada power steeringnya akan menyebabkan kemudi menjadi lebih berat.
  2. Bentuk ban yang cenderung radial lebar dan tekanan angin yang kurang juga bisa menyebabkan kemudi terganggu. Hal ini mengakibatkan bidang gesek yang bersentuhan dengan permukaan jalan bertambah lebih besar. Pada kendaraan model gear box juga biasa mengalami hal serua seperti ini, yaitu kemudi menjadi lebih berat.
  3. Kemudi yang berat pada jenis kendaraan gear box biasanya disebabkan karena penyetelan sector shaft tidak benar terhadap steering worm, sehingga free playnya juga tidak ada.
  4. Pada kendaraan bermodel rack and opinion, kemudi yang berat biasanya disebabkan oleh tidak cukupnya tekanan yang ada didalam ban. Penyebab lain yang biasa dialami kendaraan bermodel rack and opinion ini adalah penyetelan baut yang kelonggaran giginya terlalu kencang. Selain beberapa hal diatas, gerak bebas (free play) yang berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada kemudi. Hal ini terjadi karena penyetelan pada sector chaft yang memang kurang tepat atau bisa jadi penyetel yang terlalu kendur pada model rack an opinion ini.
  5. Pada kendaraan jip, kemudinya terganggu karena center arm bracket mengalami keausan, dan akan cenderung menarik kendaraan ke satu arah saja.
  6. Pegas (suspensi) depan mobil yang lemah juga bisa menyebabkan kemudi bertambah berat. Gangguan ini disebabkan oleh diamater ban yang tidak sama dan ausnya bantalan roda depan.
  7. Getaran juga bisa membuat kemudi Anda tidak nyaman. Biasanya getaran pada setir ini dikarenakan batang penghubung yang ada pada sistem kemudi sudah longgar, sehingga perlu dibawa ke bengkel dengan segera untuk dilakukan penyetelan ulang. Batang penghubung pada kemudi yang sudah aus juga perlu diganti.

Cara Atau Tips Mengatasi Gangguan Pada Kemudi Mobil

  1. Periksalah gerak bebas yang terdapat pada mobil dengan cara mendongkraknya pada bagian depan mobil sampai kedua roda terangkat. Anda juga perlu memeriksa sistem kemudi Anda. Jika ada sambungan yang longgar segera kencangkan. Biasanya, beberapa bagian sistem kemudi yang harus Anda periksa adalah sambungan pada sistem kemudi, bantalan rodanya, pasangan roda pada gigi kemudi dan baut pada pusat pegas.
  2. Periksa juga tekanan pada ban mobil Anda. Sesuaikanlah tekanan ban dengan tekanan standartnya.
  3. Pada bagian roda depan mobil yang tidak seimbang biasanya akan menyebabkan kemudi mobil bergetar. Tips untuk mengatasinya, Anda harus terlebih dahulu menyeimbangkan roda dengan memberikan pemberat pada velg. Setelah itu Anda sebaiknya harus membawa ke bengkel untuk penyetelan lebih lanjut.
  4. Jika mobil masih terlihat miring meskipun sudah diparkirkan di tempat yang datar, Anda tidak perlu cemas. Kemungkinan penyebabnya adalah kondisi atau bebannya tidak sama, bisa jadi salah satu pegas bagian suspensi mengalami patah. Periksa kembali pegas pada masing-masing roda. Tumpuan-tumpuan pada pegas juga perlu Anda periksa. Selain itu, Periksa juga ketinggian kendaraan dengan menggunakan alat ukur yang terletak di lampu utama mobil, periksa ketinggian mobil dari lampu utama ke landasan/tanah.
  5. Jika kemudi pada mobil Anda arak geraknya cenderung ke satu arah saja, meskipun mobil Anda sedang melaju di jalanan yang datar dan lurus, ada kemungkinan gangguan pada kondisi roda, kelurusan roda, salah satu rem yang mengesek atau bisa jadi gangguan yang terdapat pada suspensi depan. Pastikan dulu tekanan kedua rda belakang dan depan sama, kemudian periksa lingkar roda, jika masih belum sama, samakan dulu. Setelah itu periksa rem. Pastikan daya cengkeram rem sudah lepas penuh ketika pedal rem tidak sedang diinjak.

Demikian beberapa gangguan yang umum terjadi pada mobil Anda. Semoga cara/tips mengatasi gangguan pada kemudi mobil, dari artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *