Tujuan pelumasan pada motor

Diposting pada

Tujuan pelumasan pada motor

Tujuan dari pelumasan pada motor dibedakan menjadi 4 macam Yaitu:

1. Mengurangi gesekan

Gesekan bisa terjadi di antara komponen-komponen motor karena banyaknya sistem yang bergerak sewaktu beroperasi, mengurangi gesekan yang terjadi bisa menghindari cepatnya aus pada komponen.

2. Meredam suara

Dua buah benda yang bergesekan akan menimbulkan suara-suara bising selama beroperasi, dengan adanya minyak pelumas diantara nya maka gesekan dan suara tersebut dapat teredam.

3. Pendingin benda yang bergesekan

Dua benda yang saling bergesekan akan menghasilkan panas, minyak pelumas yang ada di antara benda yang bergesekan akan membantu mempercepat pendinginan.

4. Merapatkan

Minyak pelumas juga bisa sebagai media perapat, contohnya pada pelumasan pada torak di dalam silinder.

Penjelasan tentang fungsi minyak pelumas

Tujuan pelumasan pada motorPada as motor terjadi perputaran yang selalu bergesekan dengan dudukannya yang terbuat dari logam putih, sementara as dibuat dari bahan yang keras. Maka akan terjadi pergesekan di anatara kedua komponen tersebut.

Permukaan keduanya tidaklah rata secara sempurna sehingga akan terjadi persesekan yang tidak merata pula, minyak pelumas berguna untuk menutup bagian yang tidak rata tersebut.

Jadi selama as berputar maka as akan membawa minyak pelumas tersebut ke dalam putaran, sementara dudukan as akan menahannya, sehingga as seperti terangkat sedikit dari dudukannya dan seolah seperti kapal di atas air yang terapung.

Dengan keadaan semacam itu maka gesekan antara dua material keras tersebut sangat langsam dan licin sehingga menurangi resiko panas dan kerusakan atau aus yang akan terjadi.

Minyak pelumas yang tidak terlalu encer yang digunakan untuk pelumasan tidak akan meleleh keluar dari permukaan meskipun adanya tekanan yang berat dari as, hanya minyak pelumas yang bermutu rendah yang akan keluar.

Di dalam motor terdapat gerakan atau hentakan-hentakan yang kuat dan keras, misalnya pada bagian torak terhadap torak, batang pemutar terhadap kruk. Maka dengan adanya minyak pelumas hentakan tersebut menjadi berkurang sehingga dapat bekerja dengan lancar.

Minyak pelumas juga berfungsi sebagai bahan pendinginan pada bagian-bagian pembakaran, misalnya pendinginan pada torak.

Peran sebagai perapat misalnya ada pada torak, cincin torak atau seker. Pada fungsi ini dibutuhkan jenis pelumas yang tahan terhadap tekanan tinggi.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *