Pengertian dan macam sistem pendinginan katup

Diposting pada

Pengertian pendinginan katup

Selama katup terbuka (katup buang) maka katup buang itu akan dilalui oleh bahan bakar gas yang sudah terbakar, bahan bakar gas yang suda terbakar mempunyai panas yang sangat tinggi yaitu 6000 hingga 12000 C.

Panas yang diterima ole katup itu adalah titik tetap, terutama pada motor yang berputar cepat dan berbeban berat. Besarnya panas itu akan mencapai angka 9000 C hingga 10000 C.

Panas tinggi dan tidak tetap akan merubah bentuk katup dan akan merubah sifat baja, demikian pula yang terjadi pada dudukan katup dapat tahan untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Pengertian dan macam sistem pendinginan katup

Macam sistem pendinginan katup

Sistem pendinginan katup dapat dibedakan menjadi tiga cara, yaitu:

1. Sistem pendinginan katup dengan air

Disekeliling dari dudukan katup dilengkapi dengan ruangan air pendingin (water mantel) untuk kesempurnaan pendinginan pada dudukan katup maka pada ruangan air dilengkapi dengan pemancar air dan dihadapkan pada dudukan katup.

Jadi selama motor berputar di dalam ruangan air pendingin mengalir ke pemancar air sehingga air pendingin dapat dipancarkan terus ka dudukan katup.

2. Sistem pendinginan katup yang berputar

Ini adalah suatu kemajuan dalam cara mengurangi panas pada katup buang, jadi selama motor berputar katup akan bergerak naik dan turun sambil berputar sedikit demi sedikit, dengan demikian bagian dari katup yang menerima panas yang tinggi berlaku bergantian.

Contohnya motor angkutan umum seperti chevrolet untuk kendaraan angkutan banyak menggunakan kontruksi seperti ini, katup yang bisa berputar hanya katup buang saja.

3. Sistem pendinginan katup berlubang

Pada sistem ini keadaan batang katup berlubang dan di dalam lubang itu sebagian di isi dengan sodium atau natrium logam.

Katup-katup ini hanya digunakan khusus untuk mobil ukuran besar dan berat, pada saat katup mencapai panas yang sangat tinggi, maka sodium akan mencair dan cairan itu dapat digunakan sebagai bahan pendingin.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *