Fungsi dan pemakaian Cam Chain / rantai mesin

Diposting pada

Pengertian dan fungsi Cam Chain atau kamprat

Cam Chain atau kamprat atau rantai mesin yaitu rantai yang fungsinya untuk mengubungkan dan meneruskan putaran dari kruk as ke noken as melalui gigi masing-masing yaitu gigi kruk as ( timing sproket ) dan gigi noken as ( cam sproket ).

Perbandingan jumlah banyaknya gigi kruk as dengan gigi noken as adalah 1 : 2, dimana jumlah gigi kruk as lebih sedikit dari pada jumlah gigi noken as.

Misalnya gigi kruk as jumlahnya 16 dan gigi noken as adalah berjumlah 32 buah. Dengan demikian terjadi perbandingan putaran yang tepat sekali antara kruk as dan noken as yaitu perbadingan putaran 2 : 1, dimana kruk as berputar dua kali lebih cepat dari noken as.

Fungsi dan pemakaian Cam Chain / rantai mesin

Agar perbandingan putaran antara kruk as dengan noken as bisa tepat dan normal maka speling atau kerenggangan rantai mesin perlu disetel sesuai dengan ukuran 1 : 3 mm (speling rantai bagian depan).

Pemakaian Cam Chain atau rantai mesin

Motor yang mempergunakan cam chain atau kamprat adalah motor 4 tak saja dan motor 4 tak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Motor 4 tak yang memakai cam chain, seperti Honda C70 / 90 MK, S90/90Z, CB100/125, CB125/175/200 TWIN dan lain-lain.
  2. Motor 4 tak yang tidak memakai cam chain tetapi memakai sumpit ( pushrod) sebagai pengganti rantai kamprat, seperti: Honda S50, CG110/125 dan Benli S110.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *