Fungsi dan cara mendeteksi kerusakan serta penggantian Noken As

Diposting pada

Pengertian dan fungsi noken as

Noken As dipasang pada motor yang berputar pada bantalan (bos) yang berjumlah tiga buah, beberapa jenis berjumlah empat buah.

Noken As yang berjumlah tiga atau empat buah tersebut berguna untuk menggerakkan katup sesuai dengan gerakan torak keatas dan kebawah di dalam silinder.

Selain fungsi yang disebutkan diatas, Noken As juga berfungsi sebagai penggerak pompa bensin dengan memutarkan pompa minyak / bahan bakar dan alat pengapian.
Fungsi dan cara mendeteksi kerusakan serta penggantian Noken As

Noken As diputar oleh kruk as yang merupakan pengatur gerakan pada motor, intinya, semua pekerjaan / gerakan putaran pada motor adalah disebabkan oleh putaran kruk as, demikian juga yang terjadi pada katup-katup t5erbuka dan tertutup yang teratur pada bensin, pompa oli dan alat pengapian.

Namun peralatan yang disebutkan diatas tidak langsung digerakkan oleh kruk as, putaran dari kruk as melalui noken as dengan perbandingan putaran, putaran kruk as lebih cepat dari putaran noken as sebanyak 2X, atau 1:2.

Di ujung depan noken as terdapat roda gigi, roda gigi ini disebut sebagai roda gigi distribusi. pada sisi perpanjangannya terdapat beberapa nok-nok dengan jumlah yang disesuaikan dengan banyaknya alat yang digerakkan.

Dibagian tengah atau ujung noken as terdapat roda gigi kecil dan roda eksentrik.

Langkah pergerakan pada Noken As

Langkah pergerakan pada noken as adalah: roda gigi distribusi yang menerima putaran dari kruk as dibagi menjadi dua macvam cara, yaitu:
1. Putaran secara langsung
Cara distribusi putaran secara langsung adalah dengan tidak menggunakan pengantar putaran seperti rantai maupun as penerus.
2. Putaran secara tidak langsung
Cara distribusi putaran secara tidak langsung adalah dengan menggunakan pengantar / penerus putaran seperti rantai ataupun as.

Roda gigi pada Noken As adalah lebih besar 2X dari pada roda gigi pada kruk as, artinya putaran menggunakan rantai agar tidak menghasilkan suara desah.

Untuk putaran langsung , satu diantara roda gigi pada noken as dibuat dari bahan logam ringan (aluminium) atau kadangkala dibuat dari bahan damar berlapis tenunan asbes (viber).

Pada kedua dari roda gigi itu dilengkapi dengan tanda, agar pada saat pemasangan kembali setelah pembongkaran dapat kembali pada tempatnya.

Noken As diharuskan memiliki speling gerakan axial (cam shaft and play) dengan ukuran maksimum 0,03 inch. Pengukuran dilakukan pada dekat roda gigi distribusi dengan memakai voller.

Roda gigi distribusi dengan hubungan langsung diharuskan memiliki speling yang tertentu diantara kedua dari roda gigi tersebut, speling ini besarnya melebihi ukuran yang diminta, usahakan lebih kecil dari yang telah ditentukan.

Macam Nok

Nok-nok yang dilengkapi pada noken as berguna untuk membuka dan menutup katup-katup. Bentuk nok dibedakan dalam tiga macam, yaitu:
1. Ujung nok tumpul,
2. Ujung nok bundar,
3. Unju7ng nok tajam.

Dalam teknik automobil banyak digunakan bentuk nok ujung tajam, sementara jumlah nok tergantung pada jumlah katup.

Roda gigi kecil pada noken as berfungsi untuk memutar pompa minyak dan alat pengapian sementara roda eksentrik berfungsi untuk menggerakkan pompa bensin.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *